KEEFEKTIFAN PAIRED STORYTELLING DAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SLEMAN

Authors

  • Nurmiyati Nurmiyati SMP Negeri 1 Jorong Tanah Laut Kalimantan Selatan
  • Pujiati Suyata Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan keefektifan antara teknik paired storytelling, jigsaw, dan konvensional dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa, (2) teknik pembelajaran berbicara yang paling efektif antara ketiga teknik penelitian itu dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control-group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan keefektifan antara teknik paired storytelling, jigsaw, and konvensional itu dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa dengan nilai F sebesar 3,532 dan signifikan dengan P < 0,05, yaitu sebesar 0,033, dan (2) teknik paired storytelling adalah teknik keterampilan berbicara yang paling efektif diantara ketiga teknik itu dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sleman dengan mean tertinggi sebesar 74,3492.

Kata kunci: teknik paired storytelling, teknik jigsaw, teknik konvensional, kompetensi berbicara

Downloads

Published

2014-10-01

How to Cite

[1]
Nurmiyati, N. and Suyata, P. 2014. KEEFEKTIFAN PAIRED STORYTELLING DAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SLEMAN. LingTera. 1, 2 (Oct. 2014), 210–223. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2597.

Issue

Section

Articles