PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TK ABA KARANGDUWUR DAN TK MASYITHOH PETANAHAN KEBUMEN

Authors

  • Di'amah Fitriyyah Prodi Linguistik Terapan PPs UNY, Indonesia
  • Darmiyati Zuchdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai karakter dalam dongeng, (2) penyampaian dongeng oleh guru, dan (3) nilai-nilai karakter yang berpengaruh dalam kehidupan seha-ri-hari siswa. Penelitian kualitatif naturalistik, pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) nilai-nilai karakter yang muncul dalam dongeng yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab, toleran-si, demokratis, cinta damai, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan peduli sosial. (2) penyampaian dongeng yaitu dengan membacakan dongeng dari buku, bercerita langsung tanpa alat peraga, bercerita dengan alat peraga. Penceritaan dengan menirukan gaya tokoh, menirukan bunyi-bunyi tokoh, dan menyisipi dongeng dengan nyanyian, diakhiri dengan ayat Quran, Hadis, atau pepa-tah Arab. (3) Nilai karakter yang berpengaruh pada siswa yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, cinta damai, bersahabat/komunikatif, peduli lingkung-an, dan peduli sosial.

Kata Kunci: pendidikan karakter, kegiatan mendongeng

Downloads

Published

2014-05-01

How to Cite

[1]
Fitriyyah, D. and Zuchdi, D. 2014. PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TK ABA KARANGDUWUR DAN TK MASYITHOH PETANAHAN KEBUMEN. LingTera. 1, 1 (May 2014), 66–75. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2470.

Issue

Section

Articles

Citation Check