Strategi Pendanaan Masyarakat dalam Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kalimantan Barat

Authors

Keywords:

pusat kegiatan belajar masyarakat, partisipasi masyarakat, pendanaan, pengembangan, pengelolaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk menggambarkan: 1) permasalahan pendanaan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalimantan Barat sebelumnya, 2) pengelolaan pendanaan masyarakat pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalimantan Barat, 3) strategi pengelolaan pendanaan masyarakat hingga survive pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Kalimantan Barat yaitu: PKBM Gemilang, PKBM Bubor Paddas, dan PKBM Prokindo. Informan pada penelitian ini adalah ketua PKBM, pengelola PKBM dan masyarakat yang terlibat.  Teknik pengumpulan data  yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji kredibilitas dan uji depenability. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui pengumpulan data, kondensasi, penyajian data perkasus, dan pada tahap terakhir peneliti melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) permasalahan pendanaan masyarakat yang terjadi pada PKBM Kalimantan Barat sebelumnya sangat beragam. Permasalahan tersebut meliputi terbatasnya dana pemerintah, perubahan kebijakan dan pergantian kepemimpinan, hubungan yang kurang baik dengan pemerintah serta sulitnya persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Meskipun demikian, PKBM telah berupaya mengatasi permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan adalah yaitu: mengupayakan dana luar, pengelola memberikan dana hibah, melakukan upaya inovatif serta membangun usaha bersama masyarakat, 2) pengelolaan pendanaan masyarakat pada PKBM Kalimantan Barat telah berjalan. Namun pada prioritas penerima dan pelaksanaan penerimaan dana masyarakat belum optimal. Selanjutnya, adanya pengelolaan pengembangan pendanaan masyarakat telah memberikan manfaat pada semua PKBM baik dibidang sosial, ekonomi dan pendidikan. 3) strategi pengelolaan pendanaan masyarakat hingga survive pada PKBM Kalimantan Barat telah berjalan namun belum optimal. Strategi ini meliputi: pengembangan partisipasi masyarakat, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kerjasama dan kemitraan, special event. Pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi partisipasi masyarakat belum berjalan optimal. Kemudian, pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui aplikasi fundaraising dan internet banking juga belum optimal. Selanjutnya, kerjasama dan kemitraan bersama pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), swasta belum optimal.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abas, Ngiu, S. Q. B. Z. (2022). Inovasi kepala sekolah dalam pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (studi multikasus di SMA Negeri 1 Marisa dan SMK Negeri 1 Marisa Kabupaten Puhowato Provinsi Gorontalo. Jurnal Normalita, 10(3), 162-180.

Adriansyah, H., & Maftuhah. (2023). Al Idaroh: Jurnal Studi Manajemen pendidikan Islam, 7(1), 1-24.

Andriani, N., Chotib, M., & Rahayu N. W. I. (2022) Urgensi implementasi Fundraising Lembaga Amil Zakat Infat dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZIZNU) Kabupaten Jember dalam meningkatkan jumlah pendapatan dana di era normal baru. Indonesian Journal of Islamic Ekonomics & Finance, 5(1), 42-60.

Anggreini, F. A. W., Damayanti, L. O., & Saptaningrum, I. D. (2022). Tantangan mewujudkan perlindungan data pribadi dalam tata kelola di sektor kesehatan dan pendidikan. Yayasan TIFA

Bariyah, N. O. N. (2016) Strategi penghimpun dana sosial ummat pada lembaga fillantrofi di Indonesia (Studi Kasus Domet Peduli Ummat Daarut Tauhid, Dompet Dhuafa Rebublika, BAZNAS dan BAZIZ DKI Jakarta). Li Falah Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis, l(1), 22-34.

Dwiyanto, A. R. , Prabowo, E., & Nugraha, A. (2021). Panduan kemitraan penguat sarana pembejalan jarak jauh di masa kebiasaan baru. Direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengar Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ekadharma, A., Darma, C., & Rukmana, E. (2017) Dada (Dana Daring) pelibatan netizen dalam pendidikan nonformal untuk pemberdayaan masyarakat. Jurnal AKRAB, 5, 47-58.

Ferdi, W.P. (2013). Pembiayaan pendidikan: suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578.

Fikriya, Makhyatul.(2021). Urgensi laporan keuangan pada lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 10672-10676.

Hakim, A. R. (2022). Partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di SMA 06 Maarif Bangsalsari Jember. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Hermawan, T., Fakhruddin, & Suminar, T.(2017). Pengelolaan pembiayaan menuju kemandirian di PKBM Al Huda Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Educational Manajement, 6(2), 133-140.

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program pusat kegiatan belajar masyarakat Ngundi Kapinteran. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 7-108.

Hidayah, N., Nusantara, W. (2022). Pengelolaan PKBM dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(2), 26-35.

Humaedi, S., Wibawo, B., & Raharjo, S. T. Kelompok rentan dan kebutuhannya (sebuah kajian hasil pemetaan sosial CSR PT indonesia Powe UPJP Kamojang). Share Social Work Jurnal, 10(1), 61-72.

Ibrahim, M.,Saidang, Suparman, & Putriyani, S. (2020). Pengembangan program Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Enrekang melalui model kemitraan. Jurnal Pendidikan Edumaspul. 4(2), 172-278.

Kamil, Musthofa. (2011). Pendidikan nonformal. Alfabeta

Klen, Kim. (2016). Fundraisng for social change. John Wley & Sons.

Lestari G. D., Widodo, & Nusantara, W. (2019). Manajemen strategi pengembanagn program pendidikan nonfromal berbasis kewirausahaan di PKBM Budi Utama Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Masditou. (2017). Manejemen pembiayaan pendidikan menuju pendidikan yang bermutu. Jurnal Ansiru,1(2), 119-145.

Miles, M.B, Huberman, A.M.(2014). Qualitative data analysis. Sage Publications.

Muhajirin. (2012). Pengelolaan pembiayaan pendidikan bersumber dari pertisipasi masyarakat. Education Manjement, 1(2), 170-175.

Mulyono. (2010). Konsep pembiayaan pendidikan. Ar-Ruzz Media Grup

Nurhadi, M.A.(2005). Mencari alternatif sumber daya pendanaan pendidikan. Manajemen Pendidikan, 12-23.

.

Nurkholis, Cahyono, E. (2022). Kajian costing dan penggunaan dana alokasi khusus nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pendidikan kesetaraan. Kompak

Puspito, G.W., Wsandari, T., Rohkman, M. (2021). Manajemen strategi pengembangan pendidikan non formal. Chalim Journal Of Teaching and Learning, 1(1), 85-98.

Raharjo, T. J.,Suminar, T., Mu'arifuddin. (2016). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan nonformal di Jawa Tengah. Journal Of Nonformal Education, 2(1), 21-38.

Rahmat, Abdul. (2018). Manajemen pemberdayaan pada pendidikan nonformal. Ideas publishing

Rizka, M.A., Hardiansyah, R. (2017). Analisis strategi fund raising dalam penyelenggaraan program pendidikan nonformal pada Pusat Kegaitan Belajar Masyarakat (PKBM) Ceria. Journal Of Nonformal Education, 3(2), 165-172.

Septiani, Mita. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Ilmiah VISI PPTJ PAUDNI, 10(2), 67-76.

Simamora, I.Y., Zahra, M., Sinanga, W.A., Pandiangan, E., & Hasibuan S.F. (2024). Peran komunikasi dalam membangun pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4906-4913.

Suhardan, D.H., Ridwan, Enas. (2014). Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Alfabeta.

Suharta, R.B. (2003). Upaya pengembangan pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Penelitian Humaniora, 8(2), 81-96.

.

Suradji, Muchamad.(2018). Pengembangan Teknomlogi Informasi dan komunikasi di bidang kesiswaan, kepegawaian dan keuangan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. TA'LIM Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 127-151.

Syahza, Almasdi. (2021). Metodologi penelitian. UR Press.

Tasrif, M. J., Supriadi, Y. N., Hafid, M., Setiawan, K., Alfiyanto, A. (2023). Education Financing Management in special Needs. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (2), 26-31.

Tohani, Entoh, (2010). Pemetaan tingkat mutu pendidikan pada Pusat Kegiatan belajar Masyrakat (PKBM) Di daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Diklus, 14(1), 15-27.

Tohani, Entoh. (2010) Strategi pengembangan kapasitas Pusat Kegaitan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) Sebagai Penyedia Layanan Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 178-190.

Tohani, Entoh. (2010). Kelembagaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat sebagai agen pengembangan masyarakat. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNK, 5(2), 167-173. DOI: 10.21009/JIV.0502.5

Tohani, Entoh. (2022) Pengembangan kapasistas inovasi pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) melalui pembelajaran trasnformatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 425-236. Http://doi.org/10.37905/aksara.8.1.425-436.2022

Tohani, Entoh. (2022). Perencanaan pendidikan nonformal. Uny Press.

Triwiyanto, T., Nurabadi, A., Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., Arafik, M., Pramono. (2023). Sistem manajemen pembiayaan pendidikan, partisipasi masyraakat, kepemimpinan, dan mutu sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 117-125.

.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

[1]
Az Zahra, U.L. and Tohani, E. 2024. Strategi Pendanaan Masyarakat dalam Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kalimantan Barat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 8, 1 (Mar. 2024), 67–85.

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.