Efektivitas Model Problem-based Learning Berbasis Variasi Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Sebuah Meta Analisis

Authors

  • Wardani Indah Wahyujati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia https://orcid.org/0009-0002-4742-6167
  • Dwi Nanto UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Fathiah Alatas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.90986

Keywords:

Bahan ajar fisika, Hasil belajar fisika, Problem-based learning

Abstract

Berbagai penelitian yang mengkaji penggunaan model problem-based learning oleh peserta didik menunjukkan temuan yang bervariasi mengenai tingkat efektivitas tersebut. Studi meta-analisis ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas bahan ajar berbasis problem-based learning yang ditinjau secara keseluruhan, jenis bahan ajar, tingkat pendidikan, tingkat wilayah dan aspek hasil belajar. Metode penelitian meta-analisis ini mengikuti pedoman pada kerangka kerja PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis), besar pengaruh diukur berdasarkan effect size. Ditemukan 20 artikel yang layak untuk dianalisis. Dengan berbantuan software JASP, hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem-based learning paling optimal ketika diintegrasikan dalam bahan ajar berbasis alat peraga khususnya pada jenjang SMA di Pulau Jawa. Model problem-based learning dalam berbagai bentuk bahan ajar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.

Author Biographies

Wardani Indah Wahyujati, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mmerupakan mahasiswa Program Studi Tadris Fisika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis dapat dihubungi melalui email: indahwahyujati21@gmail.com

Dwi Nanto, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Merupakan  dosen aktif pada Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Riwayat pendidikan S1 dan S2 di Universitas Indonesia dan S3 di Chungbuk National University. Penulis dapat dihubungi melalui email: dwi.nanto@uinjkt.ac.id

Fathiah Alatas, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

merupakan  dosen aktif pada Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Riwayat pendidikan S1 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati dan S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Penulis dapat dihubungi melalui email: fathiah.alatas@uinjkt.ac.id

References

Adrian, W., Palloan, P., & Khaeruddin. (2023). Efektivitas media pembelajaran powerPoint terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI sman 1 malunda. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 115–120. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.17

Afandi, D. D., Subekti, E. E., & Saputro, S. A. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ipas. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 113–120. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.370

Aisyah, S., & Noviyanti, E. T. (2016). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal, 2, 1–23.

Ariyani, B. (2021). Problem-based learning in live online classes: learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 171. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237

Asriah, N., Wajdi, B., Syahidi, K., & Pancor, M. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar fisika siswa. Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 2(1).

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education (8th ed.). Routledge.

Dianningrum, M. C., & Purwaningsih, E. (2023). Pengaruh group investigation dan inquiry-based learning terhadap pemahaman konsep siswa sma pada elastisitas dan hukum hooke. Jurnal, 2, 77–83.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksara, 5, 39–46.

Firmasari, T., Verawati, N. N. S. P., Makhrus, M., & Gunawan. (2019). Pengaruh model problem based learning berbantuan media. Go Science Education Journal, 6(1), 6–10. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.515

Hiunsee, F., Poluakan, C., & Mondolang, A. H. (2024). Penerapan media audio visual pada model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika efek doppler. Jurnal, 7(1). https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.775

Hoke, M., Dungus, F., & Makahinda, T. (2021). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar pada materi gaya pegas. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 189–195. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.129

Hunter, J. E. (1939). Methods of meta-analysis.

Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi buku digital matematika dan penerapan potensialnya dalam distance learning. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1870

Jamila, S., Verawati, N. N. S. P., & Makhrus, M. (2023). Pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar gelombang berjalan dan stasioner siswa kelas XI. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 11(1), 8. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i1.8332

Khalifatus Sakdiyah, Hartanto, T. J., & Mustika, M. (2024). Penerapan problem based learning berbantuan media PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi listrik statis. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 35–40. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.12547

Lestari, S. (2021). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi denan model Problem Based Learning pada materi bakteri. Jurnal, 9(2), 136–148. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.42921

Maharani, N. N., Hikmawati, H., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2024). Pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET simulation terhadap hasil belajar pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 539–545. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1983

Marginingsih, S. (2025). Penggunaan bahan ajar berbasis alat peraga terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal, 1(1), 32–36.

Marianus, Umboh, S. I., & Umacina, N. D. P. (2020). Efektivitas model pbl berbantuan media PhET terhadap proses dan hasil belajar siswa. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika UNIMA, 1(2), 39–43.

Meylinda, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2024). Pengaruh model problem based learning berbantuan media animasi berbasis canva terhadap hasil belajar fisika di sma. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 196–203. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17871

Muslimin, M., & Purwaningsih, E. (2023). Meta-analisis: Pengaruh LKPD berbasis pbl terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam fisika. Jurnal, 2, 38–45.

Mytra, P., & Nur, M. J. (2024). Penerapan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan alat peraga pada materi pai di smp negeri 35 sinjai. Jurnal, 4(2), 77–83. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i02.2597

Narulita, D., & Aprilianto, D. (2022). Meta-analysis study: Is dental health education effective to improve knowledge, attitude, and behavior in adolescents. Journal of Health Promotion and Behavior, 7(3), 197–207. https://doi.org/10.26911/thejhpb.2022.07.03.03

Nomleni, F. T., Sarlotha, T., & Manu, N. (2009). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Jurnal, 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurhaliza, P., Yurnetti, Festiyed, & Letmi. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan lks pada materi gaya dan hukum newton terhadap kompetensi fisika siswa kelas X man 1 kerinci. Pillar of Physics Education, 12(4), 721–728.

Pitriah, Sutrio, M. T. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga tiga dimensi terhadap hasil belajar fisika peserta didik tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.566

Pratama, F. I., Rohaeti, E., Laksono, E. W., & Apriliana, A. (2025). Literacy and research-oriented problem-based learning: Exploration of implementation in classroom learning. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(1), 70–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.82391

Pujiyanti, A., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan alat peraga untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa ma. Physics Education Research Journal, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6666

Purwandari, P. (2023). Implementasi modul fisika virtual berbantuan game untuk meningkatkan hasil belajar siswa di ma kota madiun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 529–534. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.292

Purwanto, A., Soedarmo, R. R., & Suryana, A. (2021). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan karakter siswa kelas X SMA Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 39. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5288

Purwati, S., Mata, G., & Dahlan, A. (2021). Pencapaian hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran berbasis PBL. Jurnal, 9(1), 32–41.

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan e-modul fisika berbasis multiple representation untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar analisis meta. Parama Publishing.

Sari, I. P., Nanto, D., & Putri, A. A. (2022). Pengaruh hasil belajar pendidikan fisika siswa menggunakan teknik meta-analisis dengan model pbl. Jurnal, 1(1), 20–28. https://journal.pandawan.id/mentari/

Sari, N. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sinurat, G. M. S., & Surya, E. (2020). Masalah matematis berbasis model pembelajaran problem based learning. Jurnal, Mei.

Suindhia, I. W. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163

Unisty, R. M., Anwar, C., & Fs, H. (2021). Penerapan model pbl menggunakan nht untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa. Jurnal, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26783

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Wulandari, N., & Perdana, R. (2023). Keefektifan model brain based learning terintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi peserta didik pada topik usaha energi. Jurnal, 2, 1–9. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67902

Wulandari, P. M., Crismono, P. C., Ilyas, M., & Islam, U. (2024). Pengaruh aplikasi media papan pintar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik. Jurnal, 12(2), 172–178.

Zahra, F., Oktavia, R., Azhar, A., Arif, K., Sari, M. P., & Padang, U. N. (2024). The effect of problem-based learning assisted with PhET simulation on students’ learning outcomes of light and optical devices. Jurnal, 7(1), 28–36.

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Wahyujati, W. I., Nanto, D., & Alatas, F. (2025). Efektivitas Model Problem-based Learning Berbasis Variasi Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Sebuah Meta Analisis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.90986

Citation Check