Analisis Kemampuan Computational Thinking dan Curiosity Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.90038Keywords:
Computational thinking, Curiosity matematis, Siswa sekolah menengah kejuruan, SDGAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan computational thinking, profil kemampuan curiosity matematis dan pengaruh curiosity matematis terhadap kemampuan computational thinking siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tasikmalaya. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil menggunakan proportional random sampling dengan 155 responden siswa kelas XI Sekolah Menengah kejuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kota Tasikmalaya berada pada kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 7,81 dari skor maksimumnya 15 sedangkan curiosity matematis siswa berada pada kategori tinggi dengan perolehan skor rata-rata 109 dari skor maksimumnya 150. Pengaruh curiosity matematis terhadap kemampuan computational thinking siswa berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai koefisien regresinya 0,161 dengan nilai r-square sebesar 0,792 yang berarti besar variasi kemampuan computational thinking yang dijelaskan oleh curiosity matematis sebesar 79,2%. Penelitian ini berkontribusi untuk mendukung tercapainya pendidikan berkualitas (quality education) yanag merupakan Sustainable Development Goals (SDG) urutan ke-4.
References
Abidi, M. H., Cahyono, H., & Susanti, R. D. (2023). Analysis of students’ computational thinking ability in aolving contextual problems. Mathematics Education Journals, 7(2), 216–224. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/MEJ
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan menganalisis argumen dalam berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 337–342.
Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Implementasi project based learning untuk mengeksplorasi kemampuan computational thinking mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 5(1), 52–61. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2761
Depdiknas. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Dubey, R., Griffiths, T. L., & Lombrozo, T. (2022). If it’s important, then i’m curious: increasing perceived usefulness stimulates curiosity. Cognition, 226(June), 105193. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105193
Hadiat, H. L., & Karyati, K. (2019). Hubungan kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu dan self-efficacy dengan kemampuan penalaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26552
Haniifah, S., & Nugraheni, E. A. (2024). Kemampuan berpikir komputasional matematis ditinjau dari self efficacy siswa kelas VIII SMPN 226 Jakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 188–202. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6621
Hariyanti, F., & Lestari, W. (2023). Upaya meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi siswa melalui guided discovery learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.83-94
Hidayati, T., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran lingkaran SMP kelas VIII dengan suplemen materi history of mathematics (HOM). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9168
Kamil, R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. 12(2), 259–270. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8447
Kresnadi, H., Ghasya, D. A., & Pranata, R. (2023). Analisis kemampuan computational thinking desain. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1660–1666. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Lestari, B. B., Nugraheni, N., & Husain, F. (2024). enerapan edukasi SDGS di lingkungan sekolah guna mendukung terwujudnya kesejahteraan pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 67–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.11128176
Lestari, N. A. P., Wahyuni, L. T. S., Lasmawan, I. W., Suastra, I. W., Dewi, M. S. A., & Astuti, N. M. I. P. (2023). Kurikulum merdeka sebagai inovasi menjawab tantangan era society 5.0 di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 736–746. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1996
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada materi program linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3592
Malik, S. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa melalui multimedia interaktif berbasis model quantum teaching and learning. International Journal of Computer Science Education in Schools, 8(November), 41. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526
Mishra, B. P., & Yadav, A. (2013). RRethinking technology & creativity in the 21st century: of art and algorithm. TechTrends, 57(3), 10–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1007/s11528-013-0655-z
Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Diah, N., & Lestari, S. (2023). Kemampuan berpikir komputasi siswa dalam menyelesaikan soal numerasi tipe AKM materi pola bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 343–355. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013
Muharni, F., Anitra, R., Husna, N., & Singkawang, S. (2024). Pemecahan masalah matematis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 55–68. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436
Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan perkembangan anak dan pemilihan bacaan sastra anak. Cakrawala Pendidikan, 24(2), 198–222.
Nurlaelah, E., Pebrianti, A., Taqiyuddin, M., Dahlan, J. A., & Usdiyana, D. (2025). Improving mathematical proof based on computational thinking components for prospective teachers in abstract algebra courses. Infinity Journal of Mathematics Education, 14(1), 85–108.
Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara motivasi belajar siswa dalam pembelajaran online dengan hasil belajar matematika di masa pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596
OECD. (2018). Pisa 2022 Mathematics Framework ( Draft ). November 2018.
OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
Rahmah, L. F., Nurfitriani, D. A., & Kusno, K. (2024). Mengukur rasa ingin tahu siswa SMP terhadap pembelajaran matematika studi analitis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 913–919. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4011
Sari, A. A. I., & Wutsqa, D. U. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan inquiry berorientasi kemampuan berpikir kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 56–70. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.27303
Setyorini, N. M., & Asmonah, A. Q. (2023). Pendidikan sebagai langkah awal mencapai sustainable development Goals (SDGs) di Indonesia. AICCII – Annual International Conference on Islamic and Science Integration 2023, 141–149.
Silvia, R. D., Pramasdyahsari, A. S., & Nizaruddin. (2023). Analisis kemampuan computational thinking siswa pada materi aljabar ditinjau dari pemecahan masalah matematis. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(2), 176–190.
Siregar, N. E. P., Siregar, Y. E., & Simatupang, R. M. (2022). Cara mengasah rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran matematika. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.11
Suhendar, Y., Rosita, N. T., & April, U. S. (2023). Analisis kemampuan computational thinking (CT) peserta didik kelas 8 SMP Negeri 1 Jatinangor. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 191–203. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2
Supiarmo, M. G., Sholikin, N. W., Harmonika, S., Gaffar, A., Matematika, M. P., Magister, A., Matematika, P., Biologi, A. M., & Brawijaya, U. (2022). Implementasi pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa. Numeracy, 9(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i1.1750
Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Jurnal Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Widiastuti, & Santosa, R. H. (2014). PPengaruh metode inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196–204. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9080
Wing, J. M. (2006). Explanation-based learning. Communications of the Acm, 49(2), 33–35. https://doi.org/10.1201/b16812-43
Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366(1881), 3717–3725. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118
Wu, W. R., & Yang, K. L. (2022). Relationships between computational and mathematical thinking: a review study on tasks. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2098929
Yadav, A., Gretter, S., Good, J., & Mclean, T. (2017). Emerging research, practice, and policy on computational thinking. Emerging Research, Practice, and Policy on Computational Thinking, November. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52691-1
Youjun, T., & Xiaomei, M. (2022). Computational thinking: a mediation tool and higher-order thinking for linking efl grammar knowledge with competency. Thinking Skills and Creativity, 46(July), 101143. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101143
Zamzami, E. M., Tarigan, J. T., Zendrato, N., Muis, A., Yoga, A. P., & Faisal, M. (2020). Exercising the students computational thinking ability using bebras challenge. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012113
Zedelius, C. M., Gross, M. E., & Schooler, J. W. (2022). Inquisitive but not discerning: deprivation curiosity is associated with excessive openness to inaccurate information. Journal of Research in Personality, 98(April 2021), 104227. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2022.104227
Zetriuslita, Z. (2016). Profil sikap ilmiah rasa ingin tahu (curiosity) matematis mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta, 8(1), 41–46.
Zetriuslita, Z., Wahyudin, W., & Dahlan, J. A. (2018). Association among mathematical critical thinking skill, communication, and curiosity attitude as the impact of problem-based learning and cognitive conflict strategy (PBLCCS) in number theory course. Infinity Journal, 7(1), 15. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p15-24
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.


