Perangkat Realistic Mathematics Education Berbantuan Teknologi yang Berorientasi pada Kemampuan Numerasi dan Rasa Ingin Tahu
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89849Keywords:
Ingin tahu, Numerasi, Realistic mathematics education, TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan teknologi yang berorientasi pada kemampuan numerasi dan rasa ingin tahu siswa SMK, serta mendeskripsikan kualitasnya berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas XI Teknik Konstruksi dan Perumahan SMK Negeri di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan menampakkan tahapan RME serta indikator numerasi dan rasa ingin tahu. Penilaian validitas memenuhi kriteria sangat valid, dengan skor 109 untuk modul ajar dan 74,5 untuk LKPD. Kepraktisan dinilai sangat praktis oleh guru dengan skor 54, dan 87,5% siswa menilai minimal praktis. Keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata > 80%. Keefektifan terlihat dari ketuntasan tes numerasi 81,25%, rata-rata nilai 82,4, serta rasa ingin tahu tinggi mencapai 81,25%. Jadi, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan rasa ingin tahu. Penelitian ini mendukung pencapaian Sustainable Development Goals ke-4.
References
Aditya, P., Testiana, G., & Kusuma Wardani, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 26–31. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.29951
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Breakspear, S. (2012). The policy impact of PISA: An Exploration of the Normative Effects of International Benchmarking in School System Performance. OECD Journals, (71), 1–32. Diambil dari http://www.eunec.eu/sites/www.eunec.eu/files/attachment/files/5k9fdfqffr28.pdf
Bukhori, B. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL berorientasi pada penalaran matematis dan rasa ingin tahu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 133–147. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21169
Desmos. (2022). Diambil dari www.desmos.com
Fatimah, A. T. (2022). Matematika Kejuruan Menuju Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Fredriksen, H. (2021). Exploring Realistic Mathematics Education in a Flipped Classroom Context at the Tertiary Level. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(2), 377–396. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10053-1
Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: a survey of the state of the field. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 531–548. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1
Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools: A professional development approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129–148. https://doi.org/10.1007/s13394-011-0008-1
Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
McLeod, D. B. (1992). Research on Affect in Mathematics Education: A Reconceptualization. In D. Grouws (Ed.), Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (hal. 575–596). New York: Macmillan.
Murwaningsih, U., Astutiningtyas, E. L., & Rahayu, N. T. (2014). Implementasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(3), 463–473.
Nurhayati, L., & Gunawan, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Teknik dengan Berbantuan Software Desmos Graphing Calculator. Prisma, 11(1), 255. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2221
Putri, M. A. K., Pambudi, D. S., & Kurniati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Bernilai Budaya Using untuk Meningkatkan Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2567. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6164
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392
Roblyer, M. D. (2006). Technology in Mathematics and Science Instruction. In M. D. R. Dickey, Michael Odell (Ed.), Integrating Educational Technology into Teaching (Fourth, hal. 323–346). US: Pearson Prentice Hall.
Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar , Kemampuan The Effectiveness of Realistic Approach Based on Learning Achievement , Problem Solving Ability , and Mathematical Self Confidence. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154.
Suyitno, A. (2015). Growing the Character Values to Students Through Application of Realistic Mathematics Education (RME) in the Social Arithmetic Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 59. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4508
Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 353–364. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624
Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis. Jurnal Elemen, 5(2), 140. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1057
Unesco. (2018). SDG4 Data Digest 2018: Data to Nurture Learning. Diambil dari https://www.unesco.org/sdg4education2030/en/knowledge-hub/sdg4-data-digest-2018-data-nurture-learning
Widiastuti, W., & Santosa, R. H. (2014). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar, Rasa Ingin Tahu, dan Kemampuan Penalaran Matematis. Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika, 9(2), 196–204.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.


