Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Dinamis

Authors

  • Thasyara Safna Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia
  • Iwan Permana Suwarna Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia
  • Taufiq Al Farizi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89973

Keywords:

Fluida Dinamis, Keterampilan Proses Sains, Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi fluida dinamis di salah satu SMA Negeri Jakarta Barat tahun ajaran 2025/2026. Metode yang digunakan quasi-experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group melibatkan dua kelompok (n = 60; 30 eksperimen, 30 kontrol), menggunakan instrumen KPS tervalidasi tinggi (CVI ≥ 0,95; Cronbach’s Alpha = 0,850) dengan 14 butir pilihan ganda pada skor maksimum 98. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (76) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (56), perbedaan ini signifikan secara statistik (p = 0,000), dengan n-gain kategori sedang (0,59) dan effect size Cohen’s d = 1,36 (efek sangat besar). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan KPS. Namun penerapan memerlukan dukungan ketersediaan alat dan bahan eksperimen secara luas selaras dengan mendukung pencapaian tujuan SDGs, khususnya pendidikan berkualitas, melalui pendekatan berbasis inkuiri terbimbing untuk membantu meningkatkan KPS.

Author Biographies

Thasyara Safna, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Adalah mahasiswi program studi Pendidikan Fisika tahun 2021. Penulis dihubungi melalui email: thasyasafna15@gmail.com

Iwan Permana Suwarna, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Adalah dosen aktif pada Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis dapat dihubungi melalui email: iwan.permana.suwarna@uinjkt.ac.id

Taufiq Al Farizi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Adalah dosen aktif pada Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis dapat dihubungi melalui email: taufiq.farizi@uinjkt.ac.id

References

Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis implementasi keterampilan proses sains di indonesia pada pembelajaran fisika : literatur review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912

Annisa, & Rohaeti, E. (2017). Pengaruh model pembelajaran stm terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan.

Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. (2022). Pengembangan bahan ajar kontekstual berbasis hands on activity dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894–900. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.631

Asy’ari, M., & Fitriani, H. (2017). Literatur reviu keterampilan proses sains sebagai pasar pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Vol. 5, Issue 1).

Bahri, A., Saparuddin, & Hidayat, W. (2022). Analisis keterampilan proses sains siswa di kabupaten jeneponto.

Bansal, U., Sorek, G., & Wittman, S. (2022). Advancing the study of experiential learning: toward evidence-based effectiveness. https://doi.org/10.14293/S2199-1006.1.SOR-.PPCTIZW.v1

Barus, C. S. A., Bukit, N., & Jaya, G. W. (2024). Edukatif: jurnal ilmu pendidikan meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6468

Dervia Jaya, T., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan proses sains siswa materi larutan penyangga. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), 359–366. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.44

Fauzi, A., Supurwoko, & Wiyono, E. (2013). Seminar nasional fisika dan pendidikan fisika: potret pembelajaran fisika berbasis empat pilar pendidikan di sma.

Hadipuro, W. (2023). Teknik menulis skripsi, tesis dan artikel ilmiah. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=gtCvEAAAQBAJ

Handayani, L. T. (2023). Statistik deskriptif. UM Jember Press. https://books.google.co.id/books?id=laXKEAAAQBAJ

Herdayanti, A., Rahmatsyah, & Manurung, S. R. (2020). Development of aid tool using arduino uno sensor for dynamic fluid at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1485(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1485/1/012003

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Rajawali Pers.

Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan evaluasi pembelajaran. Cendekia Publisher. https://books.google.co.id/books?id=aUvODwAAQBAJ

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Jayasooria, D., & Yi, I. (2023). Encyclopedia of the social and solidarity economy : a collective work of the United Nations Inter-agency Task Force on SSE (UNTFSSE). Edward Elgar Publishing Limited.

Kamilah, I., Supiah, I., & Louise, Y. (2025). Pengaruh praktikum green chemistry terhadap keterampilan proses sains dan kesadaran lingkungan pada materi faktor laju reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13, 247–259. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89688

Kurniawati, M. P., Mustakim, A., & Hudha, M. N. (2023). Peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan pendekatan berdiferensiasi pada peserta didik kelas x-1 sma negeri 6 kediri tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 484–499. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p484-499

Payadnya, & Jayantika. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=fMBUEQAAQBAJ

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: definitions and the inquiry cycle. In Educational Research Review (Vol. 14, pp. 47–61). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Prasetyo, Z. K., Rosana, D., & Wilujeng, I. (2013). Berbagai bentuk metode resitasi pada peningkatan kualitas pembelajaran fisika di sma - ome type of recitation method on improvement of physics instruction at senior high school. In Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi 1 Tahun ke (Vol. 1).

Prayitno, B. A., Corebima, D., Susilo, H., Zubaidah, S., & Ramli, M. (2017). Closing the science process skills gap between students with high and low level academic achievement.

Ramadhani, R., & Sri Bina, N. (2021). Statistika penelitian pendidikan: analisis perhitungan matematis dan aplikasi spss. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=0WFHEAAAQBAJ

Riantoni, C. (2021). Metode penelitian campuran: konsep, prosedur, dan contoh penerapan. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=nkQjEAAAQBAJ

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM press.

Sari, C. K., Anisa, Z. L., Sholiha, I., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan odul fisika berbasis numbered team in guided dscovery (NTGD) pada materi mekanika analitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(2), 81–87. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143

Setyaedhi, H. S. (2025). Uji T: Uji komparatif dua parameter rata-rata (perhitungan manual dan spss). Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=joJoEQAAQBAJ

Setyawati, E. N., & Sari, Rr. L. P. (2025). Eksplorasi kebutuhan guru terhadap integrasi sustainable development goals (SDGs) dalam e-book kimia polimer. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.81639

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulistyani, K., Indana, S., & Sudibyo, E. (2022). The analysis effectiveness of guided inquiry implementation to improve students’ science process skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(6), 672–687. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.258

Supahar. (2015). Pengembangan instrumen penilaian kinerja penyusunan laporan praktikum fisika SMP berbasis inkuiri — the development instrument of performance assessment on writing laboratory report physics subject of junior high school based inquiry.

Suwarna, I. P. (2016). Pengembangan instrumen ujian komprehensif mahasiswa melalui computer-based test pada program studi pendidikan fisika.

Suyono. (2019). Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas inquiry considered to mprove skills of science process students in senior high school. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 86–91. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/

Yazdandoost, M. Y. (2020). Transformations for the sustainable development goals. Journal of Global Resources, 06(02), 26–28. https://doi.org/10.46587/jgr.2020.v06i02.004

Yolanda, S. E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393

Zinchenko, V., Levkulych, V., Palamarchuk, O., & Debych, M. (2021). Global cooperation of research and educational activities in the implementation of the Sustainable Development Goals. E3S Web of Conferences, 277. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202127702005

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Safna, T., Suwarna, I. P., & Al Farizi, T. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 419–430. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89973

Citation Check