Studi Analisis Model Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Inayah

Mohammad Rindu Fajar Islamy

Abstract


Dunia pendidikan dewasa ini menghadapi beragam problematika baru yang semakin berkembang, hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para pakar pendidikan maupun pegiat pendidikan untuk menemukan pola pendidikan karakter yang unggul. Artikel ini bertujuan untuk menggali implementasi pendidikan karakter sebagai satu upaya pencegahan terhadap disrupsi moralitas para pelajar. Penanaman nilai-nilai spiritualitas yang selaras dengan ajaran agama Islam sangat fundamental dalam membangun akhlak dan peradaban suatu bangsa. Dengan menggunakan metode kualitatif, studi difokuskan di Pondok Pesantren Al-Inayah dengan menggali data-data yang diperlukan melalui Teknik wawancara, obsertasi, dan analisis interaktif. kajian menunjukan bahwa keberhasilan kegiatan pendidikan dalam membangun akhlak harus terintegrasi dari beberapa komponen esensial yaitu kurikulum, metode penyampaian, serta penguatan program aktivitas pembelajaran dalam penguatan karakter islami.


Keywords


Implementasi, Pendidikan Karakter, Problematika, Pesantren Al-Inayah, Islami.

Full Text:

PDF

References


Abdi, Muhammad Iwan. 2018. “The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia: Multi Site Studies.” Dinamika Ilmu 18(2):305–21. doi: 10.21093/di.v18i2.1289.

Abdul Khobir. 2019. “Potret Pendidikan Karakter Di Kalangan Keluarga Nelayan.” Edukasia Islamika 4(4):42–61. doi: 10.28918/jei.v4i1.2254.

Achmadi, Abu &. Narbuko. 2011. “Teori Metodologi Penelitian.” Teori Metodologi Penelitian 1–21.

Anas, A. Idhoh. 2012. “Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 10(1):29–44. doi: 10.21154/cendekia.v10i1.400.

Aprily, Nuraly Masum. 2019. “Nidzomul Ma’had Dalam Pendidikan Akhlak Di Pesantren Cipari Kabupaten Garut.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9(2):141. doi: 10.25273/pe.v9i2.4987.

Arifin, Zainal. 1970. “Pendidikan Multikultural-Religius Untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Yang Humanis-Religius.” Jurnal Pendidikan Islam 1(1):89. doi: 10.14421/jpi.2011.11.89-103.

Badrudin, Badrudin. 2020. “The Management of Strengthening the Mosque-Based Religious Character Education.” Nadwa 13(2):179. doi: 10.21580/nw.2019.13.2.4106.

Baita, M. Holil, and Putra M. Pd. 2015. “Salafiyah Dalam Menghadapi Era Modern.” Al -Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 100–117.

Chrisyarani, Denna Delawanti, and Arnelia Dwi Yasa. 2018. “Validasi Modul Pembelajaran: Materi Dan Desain Tematik Berbasis PPK.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8(2):206. doi: 10.25273/pe.v8i2.3207.

Dharminto. 2007. “Metode Penelitian Dan Penelitian Sampel.” British Journal of Educational Studies 55(4):468–69.

Fery, Eka. n.d. “Observasi Sistematik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq A . Pendahuluan Penilaian Non-Test Merupakan Penilaian Yang Di Gunakan Untuk Mengukur Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menyerap Pelajaran Dengan Menggunakan Alat Penilaian Nontes Ini Yakni Berupa Observ.” 10(2):391–412.

Fihris, Fihris. 2018. “Model Pendidikan Karakter Melalui Homestay Di SDIT Cahaya Bangsa Semarang.” Edukasia Islamika 3(2):131. doi: 10.28918/jei.v3i2.1684.

Hasibuan, Riadul Muslim. 2013. “SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI ERA MODERN.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Imam, Syafe’i. 2015. “TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, November 2015 6(November):1–16.

Labudasari, Erna, and Eliya Rochmah. 2019. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9(1):57. doi: 10.25273/pe.v9i1.4254.

Lizawati, Lizawati, and Indriyana Uli. 2018. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sastra Lisan Di IKIP PGRI Pontianak.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8(2):140. doi: 10.25273/pe.v8i2.2911.

Mansor, Rosnidar, Tanjung Malim, Suppiah Nichiappan, and Tanjung Malim. 2019. “The Implementation of Role of Kuttab Al-Fatih ( KAF ) Philosophy in Islamic Character Education Introduction The Subsequent Cultural Differences in Educational Philosophy Used between Western and Eastern Nations . The Rationalism Has given Secularism in K.” 13(2).

Nafi, Dedik Muksinun, and Wasito. 2019. “Intregasi Model Pembelajaran Pesantren Di Sekolah Formal: Studi Kasus Di SMP Islam As-Syafiah Mojosari Kec. Loceret Nganjuk Dedik Muksinun Nafi, 1 Wasito 2 1.” Intelektual Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 9(April):79–90.

Nasir, Muhammad. 2020. “Curriculum Characteristics of Madrasah Aliyah in East Kalimantan.” Dinamika Ilmu 20(1):95–105. doi: 10.21093/di.v20i1.2215.

Nugroho, Puspo. 2017. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12(2):355. doi: 10.21043/edukasia.v12i2.2491.

Nurdin, Indra Fajar. 2015. “Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar Al-’Asqalany Dengan Konsep Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 4(1):159. doi: 10.14421/jpi.2015.41.159-187.

Ramdan, Ahmad Yasar, and Puji Yanti Fauziah. 2019. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9(2):100. doi: 10.25273/pe.v9i2.4501.

Rasikh, Ar. 2018. “PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-HALIMY DESA SESELA KABUPATEN LOMBOK BARAT Pendahuluan Pondok Pesantren Adalah Salah Satu Lembaga Yang Menyelenggarakan Pendidikan Baik Formal Maupun Non Formal , Yang Memiliki Peran Strategis Dalam.” Jurnal Penelitian Keislaman 14(1):71–84.

Rodiah, Zulkarnain, and Qolbi Khoiri. 2018. “Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu.” Jurnal Literasiologi 1(1):37–58.

Rusmin B., Muhammad. 2017. “Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam.” Inspiratif Pendidikan 6(1):72. doi: 10.24252/ip.v6i1.4390.

Rustan, Edhy, Nurul Hanifah, and Bulu’ Kanro. 2018. “De-Radicalization in the Implementation of Islamic Education Curriculum in SMA Masamba South Sulawesi.” Dinamika Ilmu 18(2):271–83. doi: 10.21093/di.v18i2.1338.

S. A. P., Rangga Sa’adillah. 2015. “Pendidikan Karakter Menurut Kh. Wahid Hasyim.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3(2):276. doi: 10.15642/pai.2015.3.2.276-303.

Sajadi, Dahrun. 2019. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2(2):16–34. doi: 10.34005/tahdzib.v2i2.510.

Supa’at, Supa’at. 1970. “Model Kebijakan Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Islam 3(1):203. doi: 10.14421/jpi.2014.31.203-225.

Tolib, Abdul. 2015. “Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern.” Risalah 1(1):60–66.

Ulya, Inayatul. 2017. “Internalisasi Karakter Sensitif Gender Dalam Kurikulum Pendidikan.” Edukasia Islamika 2(1):107. doi: 10.28918/jei.v2i1.1664.

Wihyanti, Retno. 2018. “DALAM KEDIVERSITASAN ETNIS DI SEKOLAH A . Pendahuluan Kehidupan . Selain Indonesia Memiliki Keragaman Dalam Aspek 15 , 50 Persen . Suku-Suku Indonesia Lainnya Memiliki Proporsi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13(1):79–104.

Wulandari, Anis, Jawa Tengah, Zakiyuddin Baidhawy, and Jawa Tengah. n.d. “Implementasi Sistemik Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Islam A . Pendahuluan Lembaga Pendidikan Islam Merupakan Wadah Yang Sangat Strategis Untuk Proses Yang Berkesinambungan Dalam Pendidikan Dan Pembudayaan Sikap Positif Sebagai Upaya Mewujudkan.” 14(2):463–82.

Zulfa, Umi. 2018. “Model of Islamic Religion Education 435 Based on Islam Nusantara on College Umi Zulfa Imstitut Agama Islam Ghazali ( IAIG ) Cilacap Introduction . Indonesia Care about Religious Issues and Religious Education Citizens , Even Religious Education Becomes Th.” 12(51).

Abdul Karīm Bakkār. At-Tawāshul al-Usrā kaifa Nuhmī usranā min at-tafakkuk. Riyadh: Dar al-Wujuh. 2011.

Abdul Karīm Bakkār. Masaru al-Usrah Mabadi Li Taujih al-Usrah. Riyadh: Muassasah Al-Islam al-Yaum. 1430 H

Jamāl Abdurrahmān. Athfāl al-Muslimīn Kaifa Rabbāhum an-Nabī al-Amīn. Mekkah: Dār Thayyibah al-Khadrā. 2001.

Khālid bin Hāmid al-Hāzimī, Ushūl at-Tarbiyyah al-Islāmiyyah. Madinah: Dār al-Ālam al-Kutub. 2000.

Muhammad Musa as-Syarif. Al-Athifah al-Imaniyyah wa Ahammiyatuha fi al-A’mal al-Islamiyyah. Saudi: Dar al-Andalus al-Khadra. 2001.

Sa’īd Ismāil Alī. Al-Quran al-Karim Ru’yatan Tarbawiyyatan. Cairo: Dar al-Fikri al-Arabi. 2000.

Sa’īd Ismāil Alī. As-Sunnah An-Nabawiyyah Ru’yatan Tarbawiyyatan. Cairo: Dar al-Fikri al-Arabi. 2002.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.40640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter