Pengembangan Buku Pengayaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama

buku pengayaan menulis naskah drama nilai karakter

Authors

April 27, 2021
April 27, 2021

Downloads

 Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa buku pengayaan pembelajaran  menulis naskah drama bermuatan nilai karakter untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di  Klaten. Penelitian dan pengembangan ini berpedoman pada langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono dan Borg & Gall dengan beberapa penyesuaian. Langkah-langkah pengembangan meliputi delapan langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) rancangan produk; (4) validasi  desain; (5) revisi desain; (6) pembuatan produk; (7) uji coba terbatas; dan (8) revisi produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan pembelajaran menulis naskah drama bermuatan nilai karakter untuk  siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama diperlukan, baik oleh guru maupun siswa. Kompetensi  dasar tentang sikap memuat nilai-nilai karakter dari program Penguatan Pendidikan Karakter oleh  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  Kompetensi  dasar  tentang  pengetahuan  dikembangkan  sampai tahap menganalisis dan mengevaluasi. Kompetensi dasar tentang keterampilan dikembangkan sampai tahap menyajikan produk kerangka dan naskah drama. Materi pembelajaran bersumber  pada teks, gambar, dan audiovisual yang kontekstual. Tugas dalam buku pengayaan berbasis teks  dan reflektif. Dengan muatan kompetensi dasar, materi, tugas, dan penilaian tersebut, produk buku  pengayaan sudah layak dan dapat dipergunakan sebagai sumber pembelajaran untuk guru dan siswa  di sekolah. 

THE DEVELOPMENT OF ENRICHMENT BOOK OF DRAMA SCRIPTS WRITING  CONTAINING THE CHARACTERS VALUES FOR EIGHT GRADES OF JUNIOR  SECONDARY SCHOOL STUDENTS 

The purpose of this study was to develop the product in the form of an enrichment book for  learning of drama scripts writing containing character values for eight graders of Junior Secondary  School in Klaten region. The research and the development was based on the steps cultivated by Sugiyono and Borg & Gall with some adaptation. There were 8 steps: (1) gathering the information, (2)  planning; (3) product planning; (4) design validation; (5) design revision; (6) production; (7) limited  testing; and (8) product revision. Data collection usied interview, observation, and document study  techniques. The result showed that the  enrichment book for learning of drama scripts writing containing character values for eight graders of Junior Secondary School was needed by the teachers and  students. The basic attitude competence containing the characters values mentioned in the Character  Educations of Ministry of Education and Culture. The basic knowledge competence was developed to  the level of analyzing and evaluating. The basic skill competencies were developed to the level of presenting the outline product and the drama scripts. The source of the materials in the enrichment book  were contextual  texts, pictures, and audiovisual. The assignment  of the enrichment book were based  on texts and reflections. Containing the basic competencies, the materials, the assignments, and the  assessments, the product of an enrichment book for learning was worthy and could be used as the  learning sources for teachers and students at school.