Implementasi pembelajaran Tematik bagi Anak Berkelainan
December 14, 2012
Downloads
Implementasi pembelajaran tematik siswa tidak langsung diberi materi berdasarkan per mata pelajaran tetapi materi diberikan secara terpadu dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, dengan tujuan agar dapat memberikan pengalaman yang lebih bermakna kepada siswa. Aneka mata pelajaran disajikan secara integrated yang diikat dengan tema tertentu. Tema pembelajaran diambil dari hal-hal konkret yang ada di sekitar kehidupan siswa seperti keluarga, kegemaran, binatang, tumbuhan dan lain-lainya. Dari tema inilah guru kemudian mengkaitkan dengan materi pelajaran yang relevan guna mencapai kompetensi yang ditargetkan. Ada beberapa keuntungan dengan pembelajaran tematik seperti itu, antara lain: Materi yang dipelajari siswa tidak terpenggal-penggal oleh pergantian jam pelajaran; Pembelajaran berlangsung secara terintegratif; Mudah dipahami anak, karena semua mengalir (seolah dalam satu mata pelajaran saja); dan Mengurangi terjadinya overlapping untuk topik mata pelajaran yang bersinggungan.
Mujimin, M. (2012). Implementasi pembelajaran Tematik bagi Anak Berkelainan. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.983
The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).