Pengembangan Bahan Ajar Komunikasi Non Verbal Bagi Guru Dengan Peserta Didik Down Syndrome Fase A

Bahan ajar Down syndrome Komunikasi non verbal

Authors

December 23, 2024
April 23, 2024

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar komunikasi non verbal bagi guru yang yang efektif dalam pembelajaran peserta didik down syndrome fase A. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas tahapan analisis kebutuhan, merancang produk, mengembangkan produk, menerapkan atau melakukan uji coba produk, dan evaluasi produk bahan ajar yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru SLB N 1 Yogyakarta, 3 orang guru SLB N Pembina Yogyakarta, satu orang guru SLB N 1 Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan setelah dilakukan uji efektivitas melalui tes pemahaman guru yang menghasilkan rerata peningkatan sebesar 30%, dan tes unjuk kerja yang dilakukan oleh peserta didik down syndrome yang menghasilkan rerata peningkatan sebesar 42,17%. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar komunikasi non verbal efektif digunakan oleh guru dengan peserta didik down syndrome dalam mengajarkan komunikasi non verbal dalam kehidupan sehari-hari.