Pengembangan Buku Kontekstual Kehidupan Sehari-Hari bagi Siswa Slow Learner dalam Membaca Permulaan
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kebutuhan siswa slow learner kelas I SD dalam membaca permulaan, (2) mengembangkan buku kontekstual berbasis kehidupan sehari-hari yang telah divalidasi oleh ahli, dan (3) menguji efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Buku dikembangkan sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa serta mengacu pada kurikulum dan RPP. Hasil validasi menunjukkan kategori “layak” dengan skor 83,96% (ahli materi) dan 84,35% (ahli media). Uji efektivitas menggunakan Paired Sample t-Test menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,001) kemampuan membaca permulaan dengan rata-rata kenaikan ±23,85 poin. Hasil ini diperkuat oleh effect size (Cohen’s d dan Hedges’ g) yang menunjukkan efek sangat besar. Dengan demikian, buku kontekstual efektif digunakan sebagai media pembelajaran membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas 1 SD.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).








