Penggunaan Strategi Komunikasi Augmentatif dan Alternatif pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autis
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Komunikasi Augmentatif dan Alternatif (AAC/ Augmentative and Alternative Communication) untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autis di sebuah SLB di Bandar Lampung (SLB X). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei untuk menganalisis implementasi strategi komunikasi Augmentatif dan Alternatif (AAC) pada anak autis. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 7 guru yang mengajar anak autis di Sekolah Luar Biasa, dengan teknik total sampling yang melibatkan keseluruhan guru yang terlibat langsung dalam pengajaran. Instrumen penelitian berupa kuesioner terstruktur yang disusun berdasarkan indikator-indikator penggunaan AAC, yang akan dianalisis secara kuantitatif untuk menggambarkan tingkat pemahaman, penerapan, dan efektivitas dari strategi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 guru yang diteliti, sebanyak 4 guru (57,1%) memiliki pemahaman dasar terkait strategi Augmentatif dan Alternatif (AAC), dengan 57,5% di antaranya telah menggunakan media visual sederhana sebagai sarana komunikasi untuk anak autis. Penelitian mengidentifikasi adanya tantangan utama yaitu keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan strategi AAC, meskipun seluruh guru menunjukkan minat yang sangat tinggi untuk mempelajari strategi tersebut. Pihak sekolah secara formal mengatakan bahwa penggunaan Komunikasi Augmentatif dan Alternatif belum di implementasikan tetapi pada kenyataan saat observasi lapangan beberapa guru telah mengimplementasikan strategi tersebut sebagai penunjang keberhasilan dalam pembelajaran anak.
Downloads
Alzrayer, m. Nouf. 2017. "Teaching Children with Autism Spectrum Disorder and Other Developmental Disabilities to Perform Multistep Requesting Using an IPad." Augmentative and Alternative Communication 33(2):65–76. doi: 10.1080/07434618.2017.1306881.
Azhari, Rasyidah Azhari. 2018. "Pengetahuan Dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Autis Di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Unggul Sakti Jambi." Riset Informasi Kesehatan 7(1):1. doi: 10.30644/rik.v7i1.106.
Azizah, Nur. 2016. "Kompetensi Guru Pendidikan Khusus Dalam Pendidikan Transisi." JPK: Jurnal Pendidikan Khusus 12(1):1–12.
Bambang. 2022. "Jurnal Pendidikan Mutiara Jurnal Pendidikan Mutiara." Jurnal Pendidikan Mutiara 7(1):42–45.
Bedwani, Mary Ann Naguib. 2015. "Augmentative and Alternative Communication for Children with Autism Spectrum Disorder: An Evidence-Based Evaluation of the Language Acquisition through Motor Planning (LAMP) Programme." Cogent Education 2(1):1–25. doi: 10.1080/2331186X.2015.1045807.
Boucher, jill. 2017. "Autis Spectrum Disorder." Analytical Biochemistry 11(1):1–5.
Christjahja, Jacqueline Kezia. 2022. "Perancangan Aplikasi Augmentative and Alternative Communication (AAC) Bagi Anak-Anak Autis Di ACTS Surabaya." Nirmana 21(2):85–91. doi: 10.9744/nirmana.21.2.85-91.
Erlani, Lalan. 2022. "Pengembangan Sistem Komunikasi Augmentatif Dan Alternatif Pada Notasi Dalam Pembelajaran Musik Anak Autis." JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 18(1):43–55. doi: 10.21831/jpk.v18i1.49444.
Ganz, Jennifer B. 2017. "Meta-Analysis of Single-Case Research on Teaching Functional Living Skills to Individuals with ASD." Review Journal of Autism and Developmental Disorders 2(2):184–98. doi: 10.1007/s40489-014-0046-1.
Husadani, Rizki. 2023. "Kebutuhan Komunikasi Augmentatif Alternatif Untuk Membantu Komunikasi Peserta Didik Autis Di Sekolah Inklusi Kota Surakarta." Jurnal Basicedu 7(6):3486–93. doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6408.
Iacono, Teresa. 2016. "The Role of Augmentative and Alternative Communication for Children with Autism: Current Status and Future Trends." Neuropsychiatric Disease and Treatment 12:2349–61. doi: 10.2147/NDT.S95967.
Ishtiaq, Muhammad. 2019. "Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage." English Language Teaching 12(5):40. doi: 10.5539/elt.v12n5p40.
Juli, No. 2024. "Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI DAILY TABLE AKTIVITY ( DTA ): STUDI KASUS PADA ANAK DENGAN GANGGUAN Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern." 6(3):447–60.
Kalandadze, Tamar. 2018. "Figurative Language Comprehension in Individuals with Autism Spectrum Disorder: A Meta-Analytic Review." Autism 22(2):99–117. doi: 10.1177/1362361316668652.
Khakim, Abwatie Al. 2017. "AKSESIBILITAS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM LINGKUP PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSI DI KARISIDENAN SURAKARTA." 4(1):16–18.
Light, Janice. 2014. "Communicative Competence for Individuals Who Require Augmentative and Alternative Communication: A New Definition for a New Era of Communication?" AAC: Augmentative and Alternative Communication 30(1):1–18. doi: 10.3109/07434618.2014.885080.
Lisdiana, Ana. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kimia Sma.
Ma, Pesantren Al-. 2022. "IDEA : Jurnal Psikologi IDEA : Jurnal Psikologi." 6(1):61–74.
McMahon, Don D. 2016. "Augmented Reality for Teaching Science Vocabulary to Postsecondary Education Students with Intellectual Disabilities and Autism." Journal of Research on Technology in Education 48(1):38–56. doi: 10.1080/15391523.2015.1103149.
Misdayani. 2023. "Rancangan Program Sistem Komunikasi Alternatif Augmentatif Pada Anak Dengan Spektrum Autis." Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 7(2):157–66.
Mumpuniarti. 2019. "PERAN ORANG TUA BAGI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI CEREBRAL PALSY DENGAN SISTEM KOMUNIKASI TAMBAHAN DAN ALTERNATIF (Augmentatif and Alternatif Communication/AAC)." JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 13(1):15–21.
Neeutu, SHARMA. 2015. The Fifth Edition of Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5): What Is New for the Pediatrician? Vol. 52.
Park, Jiyoon. 2019. "The Effect of Video Modeling and Video Prompting Interventions on Individuals With Intellectual Disability: A Systematic Literature Review." Journal of Special Education Technology 34(1):3–16. doi: 10.1177/0162643418780464.
Schlosser, R. W. 2023. The Efficacy of Augmentative and Alternative Communication. Brill.
Syaputri, Echa. 2022. "Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme)." Educativo: Jurnal Pendidikan 1(2):559–64. doi: 10.56248/educativo.v1i2.78.
Tantinia, Nurlinda Tara. 2015. "Pengaruh Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Bahasa Indoensia Terhadap Kemampuan Berbicara Bagi Anak Autis Kelas VII Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta." Jurnal Pendidikan Luar Biasa 25(September).
Therrien, Michelle C. S. 2016. "Systematic Review of the Effects of Interventions to Promote Peer Interactions for Children Who Use Aided AAC." AAC: Augmentative and Alternative Communication 32(2):81–93. doi: 10.3109/07434618.2016.1146331.
Waddington, L. 2019. "Disability Assessment in European States With Contributions from Mark Priestley And." (2018).
Wahid, Annisa. 2019. "PENDIDIKAN INKLUSIF (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan Dalam Lingkungan Multikultural)." Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14.
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).