Efektivitas Media Multisensori pada Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Tunagrahita di SLB YPAC Palembang
Downloads
Anak Berkebutuhan Khusus memiliki peluang yang sama dengan anak lainnya untuk memperoleh kesempatan belajar, namun seiring bertambahnya Sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, ternyata peluang bertambahnya kompetensi yang dikuasai siswa dengan Perhatian khusus ini tidak bertambah, padahal bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang sangat erat hubungannya dengan agama yang dianut oleh siswa. Dengan modal bahasa Arab, siswa ini nantinya akan memiliki tidak hanya kemampuan komunikasi tapi juga, pemahaman terhadap kegiatan ibadah yang dianutnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi peluang terlaksananya pembelajaran bahasa arab pada anak Tunagrahita dengan menggunakan media multisensori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan metode kombinasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan metode test. Analisis yang digunakan adalah analisis t test untuk uji kuantitatif dan analisis Miles and Huberman untuk uji kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan siswa Tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan treatmen, dengan hasil N Gain score yang menunjukkan bahwa media ini cukup efektif untuk melibatkan banyak sensori yang mampu meningkatkan fokus siswa Tunagrahita dalam belajar bahasa Arab sehingga siswa mampu menyusun huruf menjadi kata meskipun siswa tersebut sebelumnya belum mampu mengidentifikasi dengan baik bentuk huruf hijaiyah yang dipelajari.
Downloads
Alenizi, M. A. K. (2019). Effectiveness of a program based on a multi-sensory strategy in developing visual perception of primary school learners with learning disabilities: A contextual study of Arabic learners. International Journal of Educational Psychology, 8(1), 72–104. https://doi.org/10.17583/ijep.2019.3346
Andim, F., Aziz, A. S., & Munib, A. (2021). Strategi Pembelajaran Agama Islam untuk anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(3), 6.
BPS. (2022). Jumlah Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas menurut Kelompok Umur, Daerah Perkotaan/Perdesaan, Jenis Kelamin, dan Tingkat Kesulitan Mengingat/Berkonsentrasi, INDONESIA, 2022. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2022/149/1/0
Celik, S., & Karatepe, C. (2018). The Impact of Multi-Sensory Language Teaching on Young English Learners' Achievement in Reading Skills. Novitas-ROYAL (Research on Youth and Language), 12(2), 80–95.
Hanifah, N. R., Agustia Anggarini, W., Rizky Nur Kamila Wagima, A., Azzahra Nabella, H., Pratiwi, Y., Latama, Y., Rizki Tria Umami, S., Ningtyas, G., Feriyansyah, M., Athia Mayalianti, R., Vinanditha, C., Alfatikhatus Salamah, N., Fauziah, R., & Adi Prasetiani, A. (2023). Social Interactions With Tunagrahita Children At SLB YPAC Palembang. Journal of Islamic Psychology and Behavioral Sciences, 1(2), 102–112. http://jurnal.dokicti.org/index.php/JIPBS/index
Hidayah, N., Mukmin, & Cardasyifa. (2024). Cefr Pada Materi Bahasa Arab : Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Pada. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Spesial Edition: Araksa 1, 117–127. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.12742
Hidayah, N., Mukmin, M., & Sari, U. N. (2024). Learning evaluation of arabic morfhoplogy for tsanawiyah students based on 21. International Conference On Islam And Education, 222–242.
Karana, P. K. (2023). Laporan Terbaru Menunjukkan Anak-anak dengan Disabilitas Tertinggal dalam Semua Indikator Perkembangan Anak. UNICEF Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/disabilitas/siaran-pers/laporan-terbaru-menunjukkan-anak-anak-dengan-disabilitas-tertinggal-dalam-semua
Mostafa, A. A. (2018). Investigating the Effect of Multisensory Approach on Improving Emergent Literacy Skills in Children with Autism Disorder. International Journal of Psycho-Educational Sciences, 7(1), 94–99.
Mukmin, M., Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2570
Novrizaldi. (2022). Pemerintah Wajib Penuhi Hak Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-wajib-penuhi-hak-pendidikan-inklusif-bagi-penyandang-disabilitas
Riyadi, R., Setyawan, M. A., & Wahidatun, K. W. (2022). Hak dan Kebutuhan Dasar Penyandang Disabilitas di dalam Al-Quran. Studi Quranika: Jurnal Studi Qur'an, 7(9).
Romero, Y. (2020). Lazy or Dyslexic: A Multisensory Approach to Face English Language Learning Difficulties. English Language Teaching, 13(5), 34. https://doi.org/10.5539/elt.v13n5p34
Rostan, N. N. A., Ismail, H., & Jaafar, A. N. M. (2021). The Use of Multisensory Technique in the Teaching Open Syllables Reading Skill for Preschoolers from a Teacher's Perspective. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 820–828. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.789
Sinaga, S. A. (2023). Studi Analisis Kesetaraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas pada QS An-Nur 61 dan QS Abasa 1-3 dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir Studi Analisis Kesetaraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas. ANWARUL (Jurnal Pendidikan Dan Dakwah), 3, 981–993.
Wasilah, Nazarmanto, Utami, S. T., & Hidayah, N. (2024). Cooperative Learning In Arabic Writing Skill with Media Chain Word Flag. International Conference On Islam And Education, 120–126.
Yalap, H., & GazioÄŸlu, M. (2022). the Impact of Multisensory Learning Model-Oriented Storytelling on Listening Self-Efficacy. European Journal of Education Studies, 10(1), 41–54. https://doi.org/10.46827/ejes.v10i1.4614
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).








