Strategi Guru dalam Meningkatkan Kosa Kata Siswa Tunarungu Tingkat TK di SLB Pangudi Luhur
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan penguasaan kosakata pada anak tunarungu melalui penerapan metode Maternal reflektif (MMR) di SLB Pangudi Luhur, Bekasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan memanfaatkan teknik studi kasus, di samping metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian. Subjek penelitian adalah dua mahasiswa TKLB tunarungu yang berkonsentrasi pada penerapan strategi pembelajaran berbasis MMR. Reflektif Ibu metode utama strategi ini adalah perdati (hati ke hati-percakapan untuk mengatur emosional konteks), penentuan titik awal (mendapatkan tema dari anak pengalaman kehidupan nyata), visualisasi dan penguatan (menggunakan beton media), penyimpanan (menyimpan kosa kata melalui tulisan dan pengulangan), percami (ideovisual membaca untuk memahami struktur kalimat), dan refleksi dan evaluasi. Strategi-strategi ini digunakan secara terencana dan konsisten dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan strategi MMR meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks serta volume perolehan kosakata. Siswa tunarungu menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk menyusun kalimat, memahami pertanyaan, dan menghubungkan kosakata dengan pengalaman pribadi mereka. Pemrosesan mental dan pemahaman bahasa anak tunarungu telah terbukti meningkat dengan penggunaan strategi pembelajaran ini, yang meliputi refleksi, komunikasi, dan alat bantu visual. Dengan demikian, strategi dalam metode Maternal Reflektif sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan dan pemahaman kosakata anak tunarungu usia dini, karena mengintegrasikan pendekatan emosional, visual, dan linguistik dalam konteks kehidupan anak.
Downloads
Andriani, R., Shafiah, S., Efendi, M., Putri, M., & Wismanto, W. (2024). Analisis Penerapan Model Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Hambatan Pendengaran Dan Bicara. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 184–193.
Azizah, A. N., Karim, A. R., Rahmawati, A. N., Khoerunisa, D., Desilawati, D. N., Sobiah, S., Ginting, L. A., & Setiawan, B. (2024). Pola Komunikasi yang Efektif dalam Rangka Pengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial bagi Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Kab. Bekasi. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4), 52–57.
Birt, L., Scott, S., Cavers, D., Campbell, C., & Walter, F. (2016). Member checking: a tool to enhance trustworthiness or merely a nod to validation? Qualitative Health Research, 26(13), 1802–1811.
Chera, D., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2023). Penerapan Metode Maternal Reflektif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Anak Tunarungu di SLB Negeri Curup Selatan. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Denzin, N. K. (2017). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. Routledge.
Handayani, D. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Maternal Reflektif Terhadap Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Pati. IAIN Kudus.
Hidayat, R. (2017). Peningkatan Perbendaharaan Kata Anak Tunarungu Pada Kelas 1 Melalui Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Di Slb B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 6(1), 85–96.
Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.
Lederberg, A. R., Schick, B., & Spencer, P. E. (2013). Language and literacy development of deaf and hard-of-hearing children: successes and challenges. Developmental Psychology, 49(1), 15.
Marschark, M., & Spencer, P. E. (2010). The Oxford handbook of deaf studies, language, and education, vol. 2. Oxford University Press.
McInnes, S., Peters, K., Bonney, A., & Halcomb, E. (2017). An exemplar of naturalistic inquiry in general practice research. Nurse Researcher, 24(3).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Moeller, M. P. (2000). Early intervention and language development in children who are deaf and hard of hearing. Pediatrics, 106(3), e43–e43.
Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan sistem bahasa isyarat indonesa (sibi) dan bahasa isyarat indonesia (bisindo) dalam komunikasi. Inklusi, 2(2), 221–232.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods. Thousand Oaks. Cal.: Sage Publications, 4.
Prakosha, D. (2024). Implementasi Metode Maternal Reflektif (Mmr) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri surakarta. Jurnal Judikhu, 3(2), 153–166.
Sandhy, N. (2017). Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu TK/Kb. Jurnal Pedidikan Khusus, 9(3), 1–14.
Schirmer, B. R. (1994). Language and literacy development in children who are deaf. ERIC.
Sulistyorini, S. (2019). Implementasi Layanan Inklusi ABK pada Satuan Pendidikan pada Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 53–66.
Suryanti, Y., Sofyan, D., Rahmah, M., & Dahlia, U. (2023). Teacher's Strategy In Teaching Vocabulary To Deaf Or Hard-Of-Hearing Students. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 7(1), 12–14.
Yandro, C. A. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Penyesuaian Sosial Remaja Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Taman Pendidikan Islam. Universitas Medan Area.
Yoshinaga-Itano, C. (2003). From screening to early identification and intervention: Discovering predictors to successful outcomes for children with significant hearing loss. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 8(1), 11–30.
Zein, A. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunarungu Di SLB Abc Taman Pendidikan Islam Medan. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).








