Faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System (LMS)

faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus Learning Management System

Authors

September 19, 2022
May 27, 2022

Downloads

Penggunaaan Learning Management System pada masa pandemi COVID-19 belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 24 orang mahasiswa berkebutuhan khusus di Salah satu Perguruan Tinggi Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terbuka dalam bentuk google form. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber yang dilengkapi dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System, yaitu: masih kurangnya aksesibilitas fisik dan non fisik bagi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System dilihat dari ketidaktersediaan buku panduan modifikasi dan video tutorial penggunaan dengan bahasa isyarat; ketidaktersediaan fasilitas input suara, audio dan virtual keyboard untuk mengakses fitur-fitur yang ada; serta kurang maksimalnya peran dan fungsi dosen, volunteer dan orangtua.