Pengembangan buku panduan model inovasi pembelajaran pengembangan diri siswa dengan hambatan intelektual terintegrasi lingkungan

buku panduan model inovasi pembelajaran terintegrasi lingkungan pengembangan diri hambatan intelektual

Authors

September 23, 2022
January 13, 2023

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi buku panduan model inovasi pembelajaran terintegrasi lingkungan dalam pembelajaran pengembangan diri siswa hambatan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development. Lokasi penelitian di Sekolah Luar Biasa/SLB Negeri 2 Jagakarsa Jakarta Selatan. Sasaran penelitian yaitu guru SLB dan peserta didik hambatan intelektual. Panduan terdiri dari dua bab yaitu Pendahuluan dan Perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri atas tiga bahan ajar yaitu lingkungan sekitar rumahku, kebersihan rumahku, dan keterampilan membuat keset serta evaluasi. Bahan ajar disajikan melalui ilustrasi gambar sesuai dengan materi. Inovasi terletak pada bagian isi yaitu adanya pengintegrasian dengan lingkungan. Berdasarkan hasil validasi ahli, Buku Panduan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan dalam Pembelajaran Pengembangan Diri Hambatan intelektual mendapatkan nilai dari ahli hambatan intelektual sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli desain instruksional sebesar 85% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi pendidikan lingkungan sebesar 83,5% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya bahwa Buku Panduan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan dalam Pembelajaran Pengembangan Diri Hambatan intelektual dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam penerapan pembelajaran pengembangan diri hambatan intelektual. Penelitian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru SLB dalam memberikan pelayanan pendidikan yang dapat memberdayakan peserta didik hambatan intelektual.