Pengembangan buku panduan model inovasi pembelajaran pengembangan diri siswa dengan hambatan intelektual terintegrasi lingkungan
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi buku panduan model inovasi pembelajaran terintegrasi lingkungan dalam pembelajaran pengembangan diri siswa hambatan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development. Lokasi penelitian di Sekolah Luar Biasa/SLB Negeri 2 Jagakarsa Jakarta Selatan. Sasaran penelitian yaitu guru SLB dan peserta didik hambatan intelektual. Panduan terdiri dari dua bab yaitu Pendahuluan dan Perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri atas tiga bahan ajar yaitu lingkungan sekitar rumahku, kebersihan rumahku, dan keterampilan membuat keset serta evaluasi. Bahan ajar disajikan melalui ilustrasi gambar sesuai dengan materi. Inovasi terletak pada bagian isi yaitu adanya pengintegrasian dengan lingkungan. Berdasarkan hasil validasi ahli, Buku Panduan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan dalam Pembelajaran Pengembangan Diri Hambatan intelektual mendapatkan nilai dari ahli hambatan intelektual sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli desain instruksional sebesar 85% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi pendidikan lingkungan sebesar 83,5% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya bahwa Buku Panduan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Lingkungan dalam Pembelajaran Pengembangan Diri Hambatan intelektual dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam penerapan pembelajaran pengembangan diri hambatan intelektual. Penelitian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru SLB dalam memberikan pelayanan pendidikan yang dapat memberdayakan peserta didik hambatan intelektual.
Anggraini, I., & Marlina. (2018). Peningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Teknik Shaping pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6, 186–191.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2007). Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup. (http://www.puskurbuk.net/downloads/viewing/Produk_Puskurbuk/2007/Model+Kurikulum+Satuan+Pendidikan+2007/26_Model+Kurikulum+PKH.pdf/) , h. 5 diunduh tanggal 5 oktober 2021.
Djunaedi, J (2002). Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan dan Kepedulian terhadap Lingkungan dengan Motivasi Memelihara Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan Parameter, no. 15 Tahun XIX September, Universitas Negeri Jakarta, 25.
Fajrotuz Zahro. (2018). indexPengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro Indah. Attanwir : Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 9 (2): 19-28. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/ diunduh tanggal 10 Januari 2022.
Efendi, M (2006) . Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Gunahardi & Maryadi. (2011). Modul PLPG Pendidikan Luar Biasa Pendalaman Materi. Surakarta: FKIP UNS.
Kasirah, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Berbasis Pendekatan Esl (Ekonomi, Sosial Dan Lingkungan) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Tentang Ekosistem Studi Penelitian dan Pengembangan (R&D) di SLB C Jakarta Timur. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2007). Organizational behavior (12th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Shree, Abha, P.C. Shukla. (2016). Intellectual Disability: Definition, classification, causes and characteristics. Learning Community-An International Journal of Educational and Social Development 7(1):9-20. diunduh tanggal 10 Januari 2022.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumamihajaya, dkk. (2003). Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan. Bandung: Penerbit Angkasa.
Yustinus Semiun (2006). Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: Kanisius.