Intervensi berbasis musik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak dengan gangguan spektrum autisme: studi meta analisis

Intervensi berbasis musik komunikasi Autistic Spectrum Disorder.

Authors

November 22, 2022
November 27, 2022

Downloads

Komunikasi menjadi salah satu masalah terbesar bagi anak dengan gangguan spektrum autisme (GSA) karena sebanyak 25% - 30% anak dengan GSA tidak mampu mengembangkan kemampuan komunikasi. Hal ini menghambat perkembangan anak dengan GSA di berbagai aspek. Studi Meta-Analisis yang dilakukan bertujuan untuk menggali informasi tentang intervensi berbasis musik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak dengan GSA. Pencarian literatur dilakukan melalui 6 basis data yaitu Google Scholar, Pubmed, Research gate, ScienceDirect, Springer, Taylor & Francis. Meta-analisis dikaji melalui 8 jurnal penelitian yang diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Hasil meta analisis menunjukan bahwa intervensi berbasis musik dapat diaplikasikan pada partisipan yang berusia 3-12 tahun dengan gangguan spektrum autisme. Effect size secara keseluruhan yang didapatkan tergolong sedang 0.520 (95% CI = 0.233 - 0.808) dengan I² (inconsistency) = 2.84%. Tidak terdapat bias publikasi dalam penelitian ini (Egger's Regression p = 0.136). Intervensi berbasis musik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak dengan GSA namun belum cukup efektif.