Pelaksanaan program pembelajaran pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama tahap identifikasi siswa tunarungu kelas

Mila Ayu Setyaningsih, Rafika Rahmawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pendidikan PKPBI (Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama) tentang tahap identifikasi bunyi pada kelas 1 di SLB N 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKPBI dan siswa tunarungu kelas 1 di SLB N 1 Bantul yang berjumlah 7 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik yang digunakan untuk menganalisis data adalah tehnik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program pendidikan PKPBI kelas 1 sudah sesuai dengan komponen pendidikan, yang pertama tujuan pendidikan yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan pedoman kurikulum 2013, membuat perencanaan, pelaknasaan pendidikan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Metode yang digunakan guru adalah sosial activity, bermain peran, percakapan, dan demonstrasi. Kegiatan evaluasi yang digunakan adalah kegiatan evaluasi formatif. Kedua yaitu peserta didik, dalam penelitian ini peserta didik yang diteliti adalah anak tunarungu dengan kategori masih memiliki sisa pendengaran dan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah student center atau pendidikan berpusat pada peserta didik. Ketiga yaitu pendidik yang sudah berpengalaman mendidik anak tunarungu. Keempat yaitu media, media yang digunakan dalam pembelajaran PKPBI tahap identifikasi kelas 1 adalah sarana fisik dan perlengkapan pembelajaran berupa alat non elektronik.

Kata Kunci: pembelajaran PKPBI, anak tunarungu

Abstract: This study aims to describe the implementation of learning programs for Communication Development of Sound Perception and Rhythm (PKPBI), especially on the identification stage of sound in class 1 in SLB N 1 Bantul. The type of this research is descriptive research. Subjects in this study were teachers PKPBI and 7 deaf students in grade 1 in SLB N 1 Bantul. The methods used in data collection were observation, interview, and documentation. The technique used to analyze the data was descriptive analysis technique. The result of the research shows that the implementation of educational program PKPBI grade 1 is in accordance with the educational component, first educational goal which is the learning implementation teacher uses curriculum guidance of 2013, making planning, educational implementation involve activityof intriduction, subject matter, condution. The teacher uses social activity, role play, conversation, and demonstations mettods. Evaluation activity used is formatife evaluation activity. Second, student the subject of this research is deef student in categories stil has residual hearing and in the learning implementation is student center or education centered on student. Third, experienced teacher teach the deaf student. Fhourth, media used in learning PKPBI identification step grade 1 are physical fecilities and learning equipments in the from of non electric equipments.

Keywords: PKPBI learning, deaf children


Keywords


pembelajaran PKPBI, anak tunarungu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been indexed by:

  

 

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter