PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU

Authors

  • Rafika Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mumpuniarti Mumpuniarti
  • Nur Azizah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sukinah Sukinah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.16530

Abstract

Tujuan pendampingan membantu guru sekolah khusus di wilayah Sleman Barat peningkatan keterampilan mengoperasionalkan kebijakan dari ketentuan dalam kurikulum 2013; membantu peningkatan keterampilan dalam penjabaran Rancangan Program Pembelajaran(RPP) yang sesuai kondisi peserta didik dengan pendekatan saintafik; serta mendorong kinerja guru SLB di wilayah Sleman Barat dengan indikator mereka telah mewujudkan RPP sebagai wujud kinerja profesional dalam merencanakan pembelajaran. Metode pendampingan dengan orientasi rancangan pembelajaran dengan paradigma kurikulum 2013dan berorientasi sesuai kondisi peserta didik berkebutuhan khusus, penugasan untuk menyusun, serta presentasi hasil tugas dan pemberian umpan balik. Hasil dari pendampingan bahwa sebagian dari peserta sudah mampu mengikuti dan melakukan menyusun RPP yang sesuai dengan paradigma kurikulum 2013, namun ada sebagian yang belum sesuai dengan paradigma kurikulum 2013.Kendala bagi yang belum sesuai adalah pada menghubungkan tema dengan indicator dan kegiatan belajar peserta didik.

Author Biographies

Rafika Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Mumpuniarti Mumpuniarti

Universitas Negeri Yogyakarta

Nur Azizah, Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2017-10-23

How to Cite

Rahmawati, R., Mumpuniarti, M., Azizah, N., & Sukinah, S. (2017). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 12(2), 125–137. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.16530