ANALISIS PERSEPSI GURU MADRASAH TENTANG KONSEP SEKOLAH INKLUSI DI MI MUHAMMADIYAH JAGALAN KABUPATEN MAGELANG

 Ahwy Oktradiksa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep pendidikan inklusi, mengetahui persepsi guru tentang sekolah inklusi, mengetahui hubungan persepsi dengan sekolah inklusi. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pertimbangan pembuatan kebijakan madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kuesioner, dokumentasi dan observasi. Adapun subyek penelitian adalah kepala MI dan Guru MI Muhammadiyah Jagalan Kabupaten Magelang. Hasil Penelitian : 1) pendidikan inklusi adalah pelayanan kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang secara filosofis, religius, yuridis, pedagogis, empiris tentang pendidikan inklusi bahwa seluruh masyarakat dan anak bangsa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan serta nmendapatkan pelayanan yang sama. 2) Madrasah adalah lembaga pendidikan dasar yang mempunyai guru inklusi, guru berperan dalam menganalisis kebutuhan siswa dan mengevaluasi perkembangan ABK. 3) ada kebijakan pemerintah untuk mengadakan pendidikan inklusi maka akan melakukan perekrutan guru inklusi, MI Muhammadiyah Jagalan sudah memiliki strategi ketika memang ada sosialisasi di tingkat pendidikan dasar dan dengan menyiapkan secara sarana prasarana dan SDM yang ahli dalam bidang tersebut, sekolah siap untuk ikut serta dalam pelaksanaan pendidikan inklusi untuk memberian pelayanan pendidikan terhadap masyarakat sekitar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.16526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPK: JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS



Our Journal indexed by:

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter