Efektivitas Penggunaan Pendekatan Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Tunagrahita Ringan

 Gondo Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 1 SLTPLB tunagrahita Ringan dengan pendekatan permainan, 2) untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa mengikuti proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 1 SLTPLB SLB Negeri 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SLTPLB SLB Negeri 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2006. Tindakan pada penelitian ini merupakan model siklus. Pengumpulan data penelitian meliputi pretes, protes dan observasi tentang sikap siswa terhadap proses pembelajaran, analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan permainan dapat memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. 2) proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan permainan melalui media bendera dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter