Model Layanan Pendidikan untuk Anak Berkesulitan Belajar

 Suparno Suparno

Abstract


Banyak masalah yang dihadapi guru di sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu permasalahan yang sering kali terjadi adalah berkaitan dengan kondisi raw-input atau siswa yang dalam konteks ini adalah anak-anak yang mengaami kesulitan belajar (ABB). Kajian ini dibuat dengan maksud untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi guru dan seringkali muncul di sekolah, yaitu model layanan pendidikan untuk anak-anak kesulitan belajar.
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria stsndar yang telah ditetapkan. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis/fisiologis, terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak dan lazim disebut sebagai kesulitan belajar spesifik, serta faktor psikologis, yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar siswa.
Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, baik secara umum ataupun khusus memerlukan pelayanan khusus dalam proses pembelajarannya di sekolah. Mereka membutuhkan bimbingan dan program yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Bimbingan khusus akan sangat membantu dalam penyelesaian permasalahan belajar siswa yang disebabkan oleh faktor psikologis. sedangkan anak-anak dengan kesulitan belajar spesifik membutuhkan program khusus yang berupa remidi dan program pembelajaran individual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter