PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV

 Wahyu Nuning Budiarti, Haryanto Haryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa media komik yang dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Model Pengembangan tersebut dikelompokan menjadi: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba lapangan awal, (5) melakukan revisi produk awal untuk menyusun produk utama, (6) melakukan uji coba utama, (7) melakukan revisi produk utama untuk menyusun produk operasional, (8) melakukan uji lapangan operasional, (9) melakukan revisi produk akhir, (10) deseminasi. Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media komik pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Menurut ahli materi dan ahli media pembelajaran produk media komik berkategori “baik”. (2) terdapat peningkatan nilai pretest terhadap posttest motivasi belajar bahasa Indonesia dan keterampilan membaca pemahaman antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Keseluruhan uji dan hasil penelitian menunjukan bahwa media komik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia dan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Kata Kunci: media komik, motivasi belajar bahasa Indonesia, keterampilan membaca pemahaman

 

DEVELOPING COMIC BOOKS TO INCREASE MOTIVATION TO LEARN AND READING COMPREHENSION FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

 

Abstract

This research aims to: evelop an comic books that is eligible for the fourth grade students of elementary school, (2) reveal the effectiveness of the developed comic books toward enchancement of student motivation to learn, and  enchancement of student reading comprehension. This developmental research refers to the model from Borg & Gall, consist of (1) research & information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field revision, (9) final product revision, (10) dissemination and implementation. The subject of the operational field testing consists of 27 as the experimental class and 27 students as the control class. The research finding reveals that the comic books is proper for the fourth grade students of elementary school.(1) According to the expert of the material and the expert of the educational media, the comic books product is categorized into “good”. (2) There is an increase in the pretest to posttest at control class and experimental class of motivation for study after using comic books, and reading comprehension after using comic books for study. Overall test and the results showed that the comic books take effect that positive and significant to student’s motivation to learn and student’s reading comprehension.

Keywords: comic books, motivation to learn, student’s reading comprehension.

Keywords


comic books for studying; motivation to learn; student’s reading comprehension

Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2011). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brog, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: an introduction (4th ed). New York & London: Longman Inc.

Bowkett. S & Hitchman. T (2012). Using comic art to improve speaking, reading and writing. New York.USA: Routledge.

Dickinson, D.K, Griffith, J.A, Golinkoff, R.M & Pasek, K.H. (2012). How reading books fosters language development around the world. Hindawi Publishing Corporation, Child Development Research. 2. 602807. Diambil tanggal 22 Agustus 2014dari http://www. hindawi.com/journals/cdr/2012/602807

Gumelar. (2011). Comic making. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Harrison, C. (2004). Understanding reading development. London. England: Sage Publications, Ltd.

Ibrahim, D., & Suardiman, S. (2014). pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66-79. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Indriana, M & Widayati, A. (2012). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol X (2). Diambil pada tanggal 20 juli 2014 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/j akun/article/download/914/725.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya) .Bandung: Sinar Baru Algensindo offset.

Rao, M.B (2014). Use of media as an instructional tool in english language teaching (ELT) at undergraduate level. Internationa Journal of English and Literature. 142, Vol. 5(6). 2141-2626. Diambil pada tanggal 1 September 2014, dari http://www.academicjournals.org/article/article1405353454 Rao.pdf

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Slavin, R.E (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek, edisi kesembilan. Jakarta: Indeks

Zare, P. (2013). Exploring reading strategy use and reading comprehension success among EFL learners. World Applied Sciencec Journal. 1566. Vol 22(11). 1566-1571. Diambil tanggal 10 Januari 2015 dari http://www.idosi.org/wasj/ wasj.22(11)13/7.pdf

Zulela. (2012). Pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Von Vulte, M.J (2014). Comic books and other hooks 21st century education. Bloomington. USA: Author House.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats