PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME UNTUK PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN MATEMATIKA SD KELAS V

Delia Indrawati, , Indonesia
Siti Partini Suardiman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media travel game sehingga diketahui: (1) kelayakan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan, (2) keefektivan penerapan media travel game untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) adaptasi Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Lempuyangan I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi ahli, lembar komentar siswa, lembar observasi guru, dan tes. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif skala lima dan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media travel game layak digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Hasil kelayakan media travel game oleh ahli materi, media dan praktisi mendapatkan penilaian “baik”. Hasil kelayakan media travel game oleh siswa dalam tahap one to one evaluation mendapatkan penilaian “baik”, tahap small group evaluation mendapatkan penilaian “baik”, dan tahap field evaluation mendapatkan penilaian “baik sekali”. Media travel game efektif digunakan untuk pembelajaran matematika kelas V SD materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan perolehan hasil t hitung = -9,764. Kata kunci: pengembangan, media travel game, matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats