DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL JARING LABA-LABA DI SMP

Authors

  • Marion Marion SMP N 1 Tanjung Raja
  • Zulkardi Zulkardi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim FMIPA Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7185

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didikmemahami Pola Bilangan dengan konteks kerajinan anyaman sekaligus memberi kesempatan siswauntuk membangun pengetahuannya sendiri menggunakan model pembelajaran Jaring Laba-laba diSMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Validation Study dengan subyekpenelitian siswa kelas IX SMP Negeri 3 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasilpenelitian diperoleh lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami pola bilangan.Pembelajaran diawali  dengan pengenalan anyaman sebagai starting point, secara mandiri dan atauberinteraksi dengan sumber belajar lain seperti buku, teman sebaya, diskusi kelas dan penguatanguru, siswa menemukan pola bilangan dari keteraturan motif anyaman, melanjutkan pola secarateratur, menemukan dan melanjutkan suku berikutnya barisan bilangan, menentukan suku tertentudan suku ke-n barisan bilangan sederhana serta jumlah sampai pola tertentu. Selain itu siswa jugadapat mendesain motif anyaman terkait pola bilangan yang diketahu

Downloads

Published

2015-06-11

How to Cite

Marion, M., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2015). DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL JARING LABA-LABA DI SMP. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7185

Issue

Section

Artikel