PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT DI SMPN 1 SECANG

Authors

  • Made Prastini
  • Tri Hartiti Retnowati

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Secang melalui model pembelajaran kooperatif TGT dengan variasi permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS setelah diterapkan model kooperatif TGT dengan variasi permainan. Peningkatan keterampilan sosial dapat dibuktikan bahwa sebelum tindakan rata-rata keterampilan sosial 46,88, setelah akhir Siklus 1 rata-rata keterampilan sosial peserta didik meningkat menjadi 72,66, setelah akhir Siklus 2 meningkat lagi menjadi menjadi 80,78. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dibuktikan dari prosentase ketuntasan klasikal dari kondisi awal hanya 40,62% , menjadi 78,12% di akhir siklus I dan akhir siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%.

Kata Kunci : Keterampilan sosial, hasil belajar, model kooperatif TGT, variasi permainan

 

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Prastini, M., & Retnowati, T. H. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT DI SMPN 1 SECANG. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2438

Issue

Section

Articles