STRATEGI PENGAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA KEDUA
Jawa telah merisaukan para gum bahasa Jawa. Mereka merasa kebingungan untuk
memilih strategi yang hams mereka gunakan untuk mengajar bahasa Jaw agar tujuan
pengajaran bahasa Jawa berhasil. Sementara di keias mereka juga terdapat pembelajar
yang memiliii bak Jawa sebagai 81. Hal demikian memerlnkan solusi allematit
Ada beberapa strategi untuk pengajaran bahasa Jawa sebagai 82. Antara lain
dengan slrategi (1) berdasarkan media bahasanya: (a) bahasa Indonesia. (b) bahasa
Indonesia - Jawa, dan (c) bahasa Jaw - Indonesia: (2) berdasarkan tipe pengajarannya:
yaitu "tormulaic speech" (ujaran terpola) dan "erentive speech" (ujaran beatif: dan (3)
berdasarkan benluknya: (a) slrategi metakognitif. (b) strategi kognitif. (c) nrategi
sosioafektit
Untuk memilih strategi yang lcbih tepal, disarankan kepada gum bahasa Jawa:
(,1,) a.m bila munekin Dada taha~a wal w. n~-a.ia ranw mbelaiar dam1 dikelommkkelompokkan
krdasarbn bahasa'penamanya, (2) lahap kmn&han pemkiajar
mulai dtcnmpur anlarbahau, bail. yang mrmilrki 81 bahasa Jawa maupun 82 bahar?
Indonesia, dan (3) pembelajar pdu dibawa untuk karyawisata bahasa untuk
memberihn pemajanan bahasa (language exposure).
Suwarna, S. (2016). STRATEGI PENGAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA KEDUA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9270
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 230/E/KPT/2022 which is valid for five years since enacted on 30 December 2022.