TES BAHASA BENTUK URAIAN: UPAYA ICE ARAH KUALITAS SOAL
Downloads
sat" di antaranya adalah dengan memantau secara lerus menerus prertasi belajar siswa.
Pemantauan yang baik dilakukan dengan pengukuran secara tepat lewal alal ukur yang
krkualitas terhadap prestasi belajar tersebut. Yang menjadi masalah, upaya apakah
yang &pal dilakukan agardiperoleh soal yang berkualitas?
Soal tes bahasa dapat berkntuk tes objektif (TO) dan dapal pula krbentuk tes
uraian (TJ). Ada anggapan, pencapaian kualiras soal TU lebih mudah sebab tidak
terlalu dituntut persyaralan yang krmacam-macam sepeni pada soal TO. Anggapan
tersebut tidak knar sebab secara garis baar kedua jenis les ternbut mempunyai
tuntutan yang sama, yaitu syarat validitas <an reliabilitas. Kalau pun ada perbedaan,
perbedaan lersebut hanya masalah teknis pelaiisnaan.
Unruk memperoleh soal TU yang bail;, penyusun soal perlu melewati
tahap-tahap lenentu yang masing-masing tahap perlu dikonlrol secara ketal. Tahaptahap
tersebut adalah percncanaan, penulisan, penelaahan, pelabnaan tes dan
penyekoran, analisis dan inlerprerasi, sena revisi. Lewat tahap-tahap tersebut, kualitas
soal TU akan dapal ditentukan.
Suyata, P. (2016). TES BAHASA BENTUK URAIAN: UPAYA ICE ARAH KUALITAS SOAL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9259
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.