PENGGUNAAN KALKULATOR DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Dylmoon Hidayat,

Abstract


Kalkulator sebagai hasil dari teknologi belum banyak dimanfaatkan dalam
dunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat banlu pengajaran malemalika
di kelas. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontra
mengenai dampak penggunaan kalkulator lerhadap ketrampilan berhitung siswa.
Namun jika dilihat secara cermat maka pihak yang kontra terhadap penggunaan
kalkulalor di kelas dalam pengajaran matematika lebih dapat diartikan sebagai kurang
siapnya situasi pengajaran, baik guru maupun sekolah unluk mengintegrasikan
kalkulalor dalam pengajaran. Oi lain pihak penolakan penggunaan kalkulalor dapat juga
dipandang sebagai "warning" kepada pendidik khususnya guru yang hendak
menginlegrasikan kalkulator dalam kelas.
Tulisan ini bermaksud mengupas Iatar belakang mengapa terjadi dua kelompok
pro dan kontra tentang penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika. Secara
pedagogi. keuntungan instruksional apa yang diperoleh jika siswa diperkenankan
menggunakan kalkulator dalam situasi belajar yang tepat. Selain itu pula akan dilulis
siluasi belajar di mana guru tidak memperkenankan siswa menggunakan kalkulalor.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats