PENGGUNAAN KALKULATOR DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Downloads
dunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat banlu pengajaran malemalika
di kelas. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontra
mengenai dampak penggunaan kalkulator lerhadap ketrampilan berhitung siswa.
Namun jika dilihat secara cermat maka pihak yang kontra terhadap penggunaan
kalkulalor di kelas dalam pengajaran matematika lebih dapat diartikan sebagai kurang
siapnya situasi pengajaran, baik guru maupun sekolah unluk mengintegrasikan
kalkulalor dalam pengajaran. Oi lain pihak penolakan penggunaan kalkulalor dapat juga
dipandang sebagai "warning" kepada pendidik khususnya guru yang hendak
menginlegrasikan kalkulator dalam kelas.
Tulisan ini bermaksud mengupas Iatar belakang mengapa terjadi dua kelompok
pro dan kontra tentang penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika. Secara
pedagogi. keuntungan instruksional apa yang diperoleh jika siswa diperkenankan
menggunakan kalkulator dalam situasi belajar yang tepat. Selain itu pula akan dilulis
siluasi belajar di mana guru tidak memperkenankan siswa menggunakan kalkulalor.
Hidayat, D. (2016). PENGGUNAAN KALKULATOR DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9245
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.