PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA
Downloads
yang sarat dengan konsep-konsep ilmu pengetahuan. baik ilmu-ilmu yang berkaitan
dengan agama senditi maupun ilmu-ilmu umum atau ilmu-ilmu modem. Salah satu dari
konsep-konsep yang digatiskan oleh Islam adalah konsep pendidikan.
Oalam konsep Islam. pendidikan yang sebenamya adalah pendidikan yang
bertujuan mewujudkan akhlak alau budi pekerti yang luhur. Oi samping itu, Islam tidak
hanya mementingkan pemerolehan ilmu yang dipelajari saja (aspek kognitif), melainkan
juga pengamalan ilmu yang diperolehnya (aspek afektif dan psikomototik) serta harus
dilandasi dengan nilai-nilai agama, yakni keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swr.
Dengan demikian, Islam tidak banya mementingkan masalah fikir tetapi Islam lebih
mementingkan masalah zikir.
Eksistensi Pendidikan Agama (termasuk Pendidikan Agama Islam atau PAl) di
Perguruan Tinggi Umum di samping merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh
mahasiswa, juga sangat berarti untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan
seperti yang digatiskan oleh Sistem Pendidikan Nasional. yaitu manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuban Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur. PAl
dibarapkan betimplikasi pada telWUjudnya masyarakat yang berkualitas (baik kualitas
fildr maupun zikir), kreatif, produktif, serta dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan
kepada Allah swr.
Marzuki, M. (2016). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9231
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.