EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK

Danniyati Zuchdi,

Abstract


Pembelajaran bahasa secara holistilc memililci ciri<iri Ichusus. Demilcian juga
seharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarang
digunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasi
Icemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensi
bahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai sarana
komunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasuk
evaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dan
kontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukan
secara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.
pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter