EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9226Abstract
Pembelajaran bahasa secara holistilc memililci ciri<iri Ichusus. Demilcian jugaseharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarang
digunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasi
Icemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensi
bahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai sarana
komunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasuk
evaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dan
kontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukan
secara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.
pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.
Downloads
Published
2016-05-12
How to Cite
Zuchdi, D. (2016). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9226
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.