PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (CAI) DENGAN SISTEM AUTHORING
Downloads
komputer oleh berbagai pihak, maka kebutuhan akan tersedianya program
pengajaran berbantuan komputer (CAI) pun semakin meningkat dan
perlu mendapat perhatian serius. Agar diperoleh efektifitas yang tinggi,
maka pengemban program CAI perlu direncanakan dengan baik yakni
dengan memperhatikan aspek-aspek: umpan balik , percabangan, penilaian,
monitoring kemajuan, petunjuk, dan tampilan.
Para pendidik yang kurang memahami bahasa pemograman dapat
mengembangkan program CAI secara profesional dengan menggunakan
sistem authoring. Keuntungan sistem authoring dibanding dengan perangkat
lunak lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaannya. Sedangakan
kerugiannnya adalah dalan ha1 kecepatan eksekusi dan kebutuhan
memori. Namun demikian, dengan perkembangan perangkat keras saat
ini, kerugian ini menjadi tidak terasa.
Herman Dwi Surjono, H. D. S. (2016). PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (CAI) DENGAN SISTEM AUTHORING. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9224
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.