PENGEMBANGAN MASYARAKAT BELAJAR DALAM KERANGKAPEMBANGUNAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9223Abstract
Dalam kerangka pembangunan nasional baik ekonomi, sosial, politik, danbudaya semakin disadari pentingnya melaksanakan pendidikan untuk semua (eduaction
for al1) terutama bagi negara-negara berkembang. Masalah-masalah kemiskinan,
kebodohan, dan keterbelakangan yang masih banyak dihadapi akan segera dapat diatasi
apabila strategi pendidikan untuk semua dapat dilaksanakan. Dengan pelaksanaan
pendidikan bagi semua mllka diharapkan tert>entuknya masyarakat belajar (learning
society), yang merupakan kondisi dasar bagi pencapaian tujuan pembangunan nasional
dan derajat kemanusiaan yang lebih tinggi.
Situasi masyarakat dunia yang semakin bersaing, pef1Jbahan yang sangat cepat
dalam lapangan kerja, kesempatan yang lebih besar tetapi juga bahaya dan ancaman
yang lebih besar mendorong diperlukan pembentukan masyarakat belajar.
Pembentukan masyarakat belajar di samping sangat penting sebagai instrumen dasar
bagi pencapaian kemajuan ekonomi dan politik, juga sangat penting bagi pengembangan
masy;lrakat yang bijak dan manusiawi.
_Bagi negara kita, pembentukan masyarakat belajar sudah memiliki modal yang
kuat, dengan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, serta pelaksanaan
program pendidikan berkelanjutan di luar pendidikan sekolah. Keberhasilan
pembangunan nasional kita juga merupakan faktor yang sangat penting bagi pendukung
pembentukan masyarakat belajar. UUD 1945 Republik Indonesia yang mencantumkan
penghormatan pada kemerdekaan, persahabatan dan perdamaian dunia menjadi dasar
arah pengembangan masyarakat belajar, agar masyarakat belajar dapat membawa pada
kemakmuran, tetapi juga mengembangkan manusia yang bijak, membawa kemajuan
nasional maupun persahabatan dan perdamaian dunia.
Downloads
Published
2016-05-12
How to Cite
Kuntoro, S. A. (2016). PENGEMBANGAN MASYARAKAT BELAJAR DALAM KERANGKAPEMBANGUNAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9223
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.