MENUMBUHKAN DATA KREATIF SISWA lMELALUI PENGA JARAN DRAMA
Downloads
bagian dari suatu sistem terbuka. Dalam arti bahwa kreativitas bukanlah
semata-mata pembawaan sejak lahir yang melekat pada diri seseorang.
Kreativitas dapat ditumbuhkan melalui penciptaan suasana dan lingkungan
yang kondusif.
Pendidikan sebagai institusi formal merupakan lingkungan yang
kondusif dalam menumbuhkembangkan potensi kreatif siswa. Pendidikan
formal pada hakikatnya bertujuan mengembangkan potensi siswa sesuai
dengan kemampuan sehubungan dengan kecerdasan, kejujuran, ketrampilan.
Melalui pendidikan, siswa dapat mengenali kemampuannya dan
mempunyai karsa untuk mempertahankan kehormatan din.
Salah satu komponen dalam pendidikan formal tersebut adalah
pengajaran sastra (termasuk drama) .Pengajaran drama bertujuan agar
siswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman bersastra, yang
mencakup dua ha1 yaitu pengelaman berapresiasi dan pengalaman b e
rekspresi. Pengalaman berapresiasi dapat mempertemukan sisw~de ngan
gagasan, pikiran, dan imajinasi pcngarang. Pengalaman berekspresi
mzmberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses kreatif.
Semua itu akan menjadi tempat pesemaian potensi-potensi kreativitas
siswa.
Anwar Efendi, A. E. (2016). MENUMBUHKAN DATA KREATIF SISWA lMELALUI PENGA JARAN DRAMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9219
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.