PERANAN ORANGTUA DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI ANAK MAMPU LATH
Downloads
kehidupannya, dan sebagai indikator pada tingkat kemandirian seseorang.
Setiap orangtua bertanggung jawab membimbing anak kepada
penyesuaian din, agar anak mencapai kemandiriannya.
Bagi orangtua yang mempunyai anak mampu latih memerlukan
cara-cara khusus dalam membimbing ke arah penyesuaian diri. Penyesuaian
diri yang dicapai anak mampu latih juga mengarah pada realitas dari
lingkungan, namun terbatas pada kemampuan yang dapat dilakukan anak
mampu latih. Dengan adanya keterbatasan pada anak mampu latih, orang
tua harus melakukan cara-cara khusus dalam membimbing penyesuaian
diri mereka.
Adapun cara-cara khusus tersebut melalui latihan-latihan dalam
penyesuaian pribadi, penyesuaian sosial dan penyesuaian keterampilan.
Dalam latihan-latihan ini orangtua perlu menjadi pelatih utama serta
pemegang kunci utama untuk mengantarkan anak mampu latih kepada
penyesuaian diri, dengan berusaha belajar dan berkonsultasi kepada ahliahli
khusus yang rnemahami masalah anak mampu latih.
Mumpuniarti, M. (2016). PERANAN ORANGTUA DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI ANAK MAMPU LATH. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9216
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.