BAHASA INDONESIA SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENALARAN SUATU TINJAUAN FILOSOFIS
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9205Abstract
Sebagai makhluk rasionaI, manusia tidak dapat bernalar tanpabahasa., Penalaran dan bahasa ibarat sekeping mata uang. Di satu sisi ia
tampaksebagai bahasa, tetapi di sisi lain iajuga tampak sebagai penalaran.
Bahasa (Indonesia) sebagai sarana pengembangan penalaran harus
memiliki sifat-sifat: singkat, jelas, lengkap, teliti, dan sistematis. Penalaran
itu berada dalam otak manusia dan tidak dapat diketahui oIeh siapa
pun. Penalaran baru dapat diketahui oleh sesama manusia apabila sudah
diaktualisasikan dalam salah satu bahasa baik lisan maupun tulisan.
. Dalam aktivitas bernalar, bahasa yang disampaikan tentu harus
benar dan logis. Suatu pernyataan dikatakan benar apabila didukung oleh
fakta dan sebaliknya (salah) apabila tidak'ada fakta di dalamnya. Oleh
karena itu, bahasa yang baik dapat menjadi pernyataan yang baik pula.
Dan, hal ini hendaknya memperhatikan syarat-syarat struktur bahasa
agar muc!ah dipahami artinya dengan memperhatikan syarat logika,
sehingga ada relevansi antara pernyataan (konsep) dengan kenyataan
(realitas). '
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Kurniawan, K. (2016). BAHASA INDONESIA SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENALARAN SUATU TINJAUAN FILOSOFIS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9205
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.