UPAYA YANG PERLU D1KEMBANGKAN DALAM MELAKSANAKAN KURIKVLUM FLEKSIBEL
Downloads
masalah yang dilematis. Bnoyak faktor yang diperkirakan sebagai
penyebabnya. Salah satu diantaranya kurikulum yang disajikan
oleh lembaga pcndidikan jurang mengarah pada penumbuhan
dunia kerja dan usaha yang dibutuhkan uotuk mcmasuki dunia
kerja.
Hampir tiga tahun kurikulum fieksibel diberlakukan di lcmba~
ga-Iembaga pendidikan tenaga kependidikan tcnnasuk di Jurosan
Pendidikan Olahraga FPOK IKIP Yogyakarta. Memang masih
belum cukup waktu mengehaluasi berhasil tidaknya kurikulum
terscbut, karena menurut Nasution (1985 : 221) pada hakekatnya
pcnilaian kurikulum dapat cti1ihal dari hasilnya, yaitu kedudukan.
kehidupan atau prestasi para lulusannya. Hal ioi mcngidcntiflkasikan
bahwa masih harus menunggu waktu. Namun dcmikian lahimya
kurikulum fieksibel merupakan su:J.tu pendckatan perbaikan
ke arah terciptanya lulusan yang mempunyai kesempatan lebih
terbuka untuk terjun ke dunia kerja. Akan tetapi karena konsep
perbaikan meminta situasi yang baru, maka harus terjadi pengembangan
yang melibatkan berbagai kemampuan uotuk mcngoptimalkan
kurikulum tersebul.
Unluk melaksanakan kurikulum fieksibel harus diiringi
adanya upaya perubahan dari tatanao yang paling rendah, yaitu
jurusan. Perubahan pada tingkar jurusan dapat dilakukan seandainya
setiap pengajar juga "mengalami perubahan sikap, yakni
perubahan sikap mengajar dengan perencanaannya masing-masing
menjadi mengajar dalam koordinasi.
Dimyati, D. (2016). UPAYA YANG PERLU D1KEMBANGKAN DALAM MELAKSANAKAN KURIKVLUM FLEKSIBEL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9183
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.