BEBERAPA PERMASALAHAN KUALITAS PENDIDIKAN MIPA DAN UPAYA PENINGKATANNYA MENUJU LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI UNTUK SEMUA ORANG

Yulipriyanto Yulipriyanto,

Abstract


Matematika dan 11mu Pengetahuan Alam (MIPA) atau
sering disebut sains merupakan bagian dari Hmu pengetahuan
yang mempunyai andU cukup besar bagi pengembangan Hmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang manfaatnya bisa
dirasakan dewasa ini.
Namun, sebagian besar dari masyarakat kita masih
menjadi konsumen IPTEK, olp.h karena itu agar kita tidak
hanya menjadi pembaca kemajuan IPTEK atau pemakainya
saja, perlu ditempuh berbagai upaya untuk memperbaiki mutu
pendidikan sains dan matamatika yang menjadi dasar pencip-taan
teknologi, mulai dari pendidikan dasar sehingga semua
warga negara nantinya terbuka (Jawa::; melek) terhadap sains
dan teknologi (scientific and technological literacy).
Permasalahan kualitas pendidikan MIPA yang perlu
ditingkatkan adalah dalam hal llpemahamannya". Bila dicer"
mati memang masih ada permasalahan yang perlu dipecahkan,
yaitu faktor lemahnya penguasaan mated MIPA oleh guru.
kreativitas guru. konsep MIPA oleh siswa. kurikulum. laboratorium
lmtuk menunjang keterampilan dan interpretasi. siswa."
serta reIerensi ilmiah yang menunjang topik pelajaran..Oleh
sebab itu, peningkatan kualitas MIPA pada setiap peserta
didik (siswa) melalui perbaikan terhadap faktor-Iaktor pcnghambat
pembelajaran pendidikan MIPA, memudahkan literasi
sains dan teknologi' untuk semua orang di waktu yang akan
datang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter