PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER DENGAN METODE KOOPERATIF

Edy Supriyadi,

Abstract


Untu1- menguasai pemrograman kompuler dengan baik
diperlukan kemampuan dasar-dasar pemrograman, alur logika
berpikir rasional dan sistematis, kemampuan memahami dan
menentukan masalclh, serta kemampuan mengaplikasikan
kaidah-kaidah bahasa pe~rograman untuk merancang dan
membuat program guna memecahkan suatu masalah. Penggunaan
metode klasikal, individual serta pengajaran berbantuan
komputer yang selama ini digunakan dipandang kurang
tepat karena tidak sesuai dengan karakteristik mated pemrograman
komputer. Oleh karena itu, periu dikembangkan
metode pembelajaran pemrograman komputer yang paling
tepat agar ha~sil pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
Metode kooperatif merupakan metode yang paling
sesuai dan efektif uotuk mengajarkan materi pemrograman
komputer karena pada proses pembelajaran metodc ini mahasiswa
mampu meningkatkan penemuan dan pengembangan
strategi kognitif pada kualitas yang tinggi, berpikir analisis
sintesis dan mengarah pada pemecahan masalah. Pdns1p-·
prinsip metode kooperatif antara lain: menekankan adanya
kerja sarna dan keberhasilan bersama, terdiri a tas kelompokkelompok
kedl (3 s.d. 5 mahasiswa perkelompok), aktivitas
belajar Iebih berpusat pada mahasiswa, dosen berfungsi
sebagai fasilitator dan motiva~or, diskusi untuk mengemukakan
informasi baru, menjelaskan dan mcnyatukan pemikiranpemikiran
rasional yang mengarah pada pemecahan masalah.
Berbagai keuntungan penggunaan\ metode kooperatH di
antaranya adalah: mampu meningkatkan aktivitas dan
kreativitas mahasiswa, lebih termotivasi secara intrinsik,
mempunyai self-esteem lebih baik dan secara personal lebih
. terampil serla mempunyai apresiasi yang Iet.ib tinggi
terbadap materi yang dipelajari.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter