PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER DENGAN METODE KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9162Abstract
Untu1- menguasai pemrograman kompuler dengan baikdiperlukan kemampuan dasar-dasar pemrograman, alur logika
berpikir rasional dan sistematis, kemampuan memahami dan
menentukan masalclh, serta kemampuan mengaplikasikan
kaidah-kaidah bahasa pe~rograman untuk merancang dan
membuat program guna memecahkan suatu masalah. Penggunaan
metode klasikal, individual serta pengajaran berbantuan
komputer yang selama ini digunakan dipandang kurang
tepat karena tidak sesuai dengan karakteristik mated pemrograman
komputer. Oleh karena itu, periu dikembangkan
metode pembelajaran pemrograman komputer yang paling
tepat agar ha~sil pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
Metode kooperatif merupakan metode yang paling
sesuai dan efektif uotuk mengajarkan materi pemrograman
komputer karena pada proses pembelajaran metodc ini mahasiswa
mampu meningkatkan penemuan dan pengembangan
strategi kognitif pada kualitas yang tinggi, berpikir analisis
sintesis dan mengarah pada pemecahan masalah. Pdns1p-·
prinsip metode kooperatif antara lain: menekankan adanya
kerja sarna dan keberhasilan bersama, terdiri a tas kelompokkelompok
kedl (3 s.d. 5 mahasiswa perkelompok), aktivitas
belajar Iebih berpusat pada mahasiswa, dosen berfungsi
sebagai fasilitator dan motiva~or, diskusi untuk mengemukakan
informasi baru, menjelaskan dan mcnyatukan pemikiranpemikiran
rasional yang mengarah pada pemecahan masalah.
Berbagai keuntungan penggunaan\ metode kooperatH di
antaranya adalah: mampu meningkatkan aktivitas dan
kreativitas mahasiswa, lebih termotivasi secara intrinsik,
mempunyai self-esteem lebih baik dan secara personal lebih
. terampil serla mempunyai apresiasi yang Iet.ib tinggi
terbadap materi yang dipelajari.
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Supriyadi, E. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER DENGAN METODE KOOPERATIF. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9162
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.