ALTERNATIF PENGGUNAAN STRATEGI DAN METODE MENGAJAR PADA PERKULIAHAN SEJARAH OLAHRAGA
banyak faktor yang seca-ra um"um dibedakan menjadi faktor
enclogen dan eksogen. Apabila" kedua faktor tersebut yang
dapat dideskdpsikan menjadi lebih banyak lagi. saling mendukung.
maka tujuan untuk mengadakan perubahan perilaku
pada peserta didik (bersilat kognitiI, afektif. maupun psikomotor)
sesuai dengan yang dikehendaki dapat tercapai.
Dosen sebagai salah satu kornponen penting dalam
proses pembelajaran. tepat apabila senantiasa berupaya
meningkatkan kualitas perkuliahannya. Banyak cara dapat
dilakukan. Salah" satu c~ra yang dapat ditempuh adalah
dengan menerapkan strategi dan rnetode mengajar yang
tepat. .
Dengan memahami pengertian. peranan serta macam
strategi dan metode mengajar. juga pengelompokan rna teri
kuliah Sejarah 01aht"aga; tentunya pemilihan strqtegi dan
metode mengajar dapat dilakukan dengan tepat. Model gat"is.
besar kronologis. tematis, garis perkembangan khu5us dan
regresif; merupakan strategi yang lazim digunakail dalam
rnengajar sejarah. Sedangkan metode yang sering dig-unakan
dalam mengajar sejarah adalah metode reseptif." diskusi,
discovery/inquiry. dan pengajaran di luar kelas.
Margono, M. (2016). ALTERNATIF PENGGUNAAN STRATEGI DAN METODE MENGAJAR PADA PERKULIAHAN SEJARAH OLAHRAGA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9149
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.