PENDIDIKAN BERWAWASAN BUDAYA SEBAGAI POLA ILMIAH POKOK IKIP YOGYAKARTA

Darmiyati Zuchdi Darmiyati Zuchdi,

Abstract


Hasil penelitian menunjultkan bahwa: "Pendidikan Bemawasan Budaya" baik
recara hukum maupun secara konseptual selaras dengan tujuan pendidikan nasional
dan tujuan pendidibn tinggi. Tujuan PIP "Pendidikan Bewawasan Budaya" ialah
terbentuknya manusia berbudaya. yang salah salu dimensinya adalah berbudaya ilmu.
Perilaku budaya memiliki ciri mampu mengelispresikan potensi dan nilai keilmuan,
kemanusiaan dan kemasyarakatan. Proses belajar-mengajar bemawasan budaya berupa
proses asimilasi, yang memiliki ciri adanya keterlibatan langsung subjek didik dan
mmebnbn budaya proses (mengolah informasi, melakukan intemalisasi, menghasilkan
sesuatu). Dalam menyikapi subjelt didik hams tercipta kondisi sosialisasi;
pengalaman berpikir subjek didik meliputi berpikir linier-silematik dan berpikir
krealif-ristcmik. Dalam bidang penelitian dan pengabdian pada rnasyarabt perlu
diadakan berbagai usaha yang mendukung pencapaian PIP "Pendidikan Bewawasan
Budaya".

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter