PENDIDIKAN BERWAWASAN BUDAYA SEBAGAI POLA ILMIAH POKOK IKIP YOGYAKARTA
Downloads
recara hukum maupun secara konseptual selaras dengan tujuan pendidikan nasional
dan tujuan pendidibn tinggi. Tujuan PIP "Pendidikan Bewawasan Budaya" ialah
terbentuknya manusia berbudaya. yang salah salu dimensinya adalah berbudaya ilmu.
Perilaku budaya memiliki ciri mampu mengelispresikan potensi dan nilai keilmuan,
kemanusiaan dan kemasyarakatan. Proses belajar-mengajar bemawasan budaya berupa
proses asimilasi, yang memiliki ciri adanya keterlibatan langsung subjek didik dan
mmebnbn budaya proses (mengolah informasi, melakukan intemalisasi, menghasilkan
sesuatu). Dalam menyikapi subjelt didik hams tercipta kondisi sosialisasi;
pengalaman berpikir subjek didik meliputi berpikir linier-silematik dan berpikir
krealif-ristcmik. Dalam bidang penelitian dan pengabdian pada rnasyarabt perlu
diadakan berbagai usaha yang mendukung pencapaian PIP "Pendidikan Bewawasan
Budaya".
Darmiyati Zuchdi, D. Z. (2016). PENDIDIKAN BERWAWASAN BUDAYA SEBAGAI POLA ILMIAH POKOK IKIP YOGYAKARTA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9104
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.