BUDAYA POLITlK INDONESIA ( Suatu Kajian Perubahan dari Old Society ke New State )
Downloads
kehidupar, ~nasyavahatl a~ilaa tau lnasa sebe!r;in itc~ncrdel:~(:I:, ;~< /~
socrerv). salnpal ketika nlenjad~ negara ~iicrdekh ( new s~oti, I.
Pengliiiatan yang demikian, herarti melilrak pertihahen d ; ~ ~ i
~nasyarnkakl awula ( fiodalis~ikk)e masyarakat \varga (crvil.sr)r.rc'ti*i
'l'ernyata hudap poiitik pada new sltrtr, ~nasih di\\;rr~l;ti
secara doninan olch budaya politik OM soriev. Balikan dapat
dinyatzkaa budaya politik kita berjalan ditempat. Dcngari dc~nikcatl
pertnasalalian yang tengali dihadapi masyarakat kita dcwasa ini.
bagaimana ~nencari model strategi perubaha~l yang dapat
nielnpercepai terwujudnya budaya politik demokratis yailg
merupakan karakteristik tlew state.
Strategi perubahan budaya politik yang dapat digunaha~i.
nlisalnya niencari elenien budaya politik yang dualisnie (fall
kontradiktif yang bersifat kohesif, membiarkan proses diaiektis
seliingga terjadi antitesis dimatla sintesa lama (feodalistik) clignrlti
dengan sintesa baru (budaya modernldeniokratis). Keherhasilnn
kedua strategi ini, terutama sangat ditentukan peran pemerintah
sejauh niana memiliki kemauan politik untuk mew~~judkabtui daya
politik deinokratis. Strategi perubahan lain, berasal dari masyer:rk;~t
yafg dikenal sebagai mediating structures. Stralegi ini.
~ne~iilbLuska~pai da keberdayaan masyarakat supaya initlilpu
mengcounter terhadap hudaya politik feodalistik yang scntralistik
dan otoriter --yang secara doniinan mewarnai budayji pr)lilili
penguasa dewasa ini --sehingga pada akhirnya dapat ciiw~!iudk;~n
masyarakat yangotono~n(c ivil society).
Cholisin, C. (2016). BUDAYA POLITlK INDONESIA ( Suatu Kajian Perubahan dari Old Society ke New State ). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9038
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.