PENGAJARAN DAN EVALUASI BIDANG STUDIIPA 01 SEKOLAH DASAR

Bandiyah Bandiyah,

Abstract


Tahun 1986 berlaku kurikulum Sekolah Dasar yang disempurnakan,
yang mengutamakan pendekatan keterampilan
proses. Keterampilan proses dalam bidang studi IPA mengembangkan
kemampuan dalam ranah kognitif, ranah psikomotor
dan ranah afektif. Pemerintah telah berusaha rnelengkapi
sarana pendidikan beripa kit IPA agar terlaksana tujuan
bidang studi IPA di Sekolah Dasar. Evaluasi bidang studi IPA
di Sekolah Dasar yang berupa tes hasil belajar (THB), ~an
evaluasi belajar tahap akhir nasional (EBTANAS), sernuanya
hanya mengukur kemampuan dalam ranah kognitif. EBTANAS
dijadikan standar untuk memasuki jenjang pendidikan· yang
lebih tinggi. Timbul kesenjangan antara tujuan pengajaran
IPA yang dicapai melalui pendekatan keterampilan proses dan
evaluasi iPA. Agar kesenjangan ini tidak berkepanjangan,
perlu adanya evaluasi yang mengukur kemampuan dalam
ranah kogniti~, psikomotor maupun ranah afcktif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter