PENDlDlKAN NILAI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
yang si£atnya abstrak. Sebagaisesuatu yang dihargai dan di.
hormati -karena kehaikan' d~n k,eluhu'rannya, nilai mempunyai
kedudukan yang sentral dalam kehidupan manusia.
Sekolah sebagai wiyatamandala, berfungsi sebagai
masyarakat b~laja,.r. Sekolah melaksana~an kegiatan-ke~iatannya
l?~bagai pusat pengembangan.ologika,·' etika, estetika,
dan praktika. Hal lni sesuai dengan pengertian pendidikan
yang hukan hanya pengajaran dengan menyamp~ikan penge.
tah.uan saja, melainkan meliputi juga transformasi nHai-nUaL
. TuUsan ini- berusaha menjawab. permasalahari, bagainfana
seyogyanya - nilai itukita tempa.tkan -dalam kurikulum,
d9"n bagaimana kita melakukan pendidikan, nHai pada anak
seusia Sekolah 'Dasar.
Ada berbagai tipe -dasar kurlkulum yang dipakai di
sekolah. Richard L. Curwin, dan Geri Curwin mengemukakan
ada tiga tipe dasar kurikulum, yaitu cognitive curriculum,
afectiye curriculum, dan conf~uent.curriculum atau humanis-__
tic ,curriculum. Melalui .kurikulum humanistik atau integralistik,
nUai dap,~t diterJ:'patkall secara ,.integral dalam kurikulu'm.
· Setiap' mata pelajaran atau bidang' studi dapat dipakai
sebagai wahana pendidikan n!lai.
Ada berbagai cara yang dapat. dilakukan .dalam pendidikan
n11al. Cara-cara itu. adalah cara tradisional, cara
bebas, cara pemberian contoh dan cara klarifikasl nUai.
Cara, yang dipandang , paling' 'tepat,yang sesuai dengan
tingkat perkembangan anak usia Sekolah Dasar dan aesuai.
dengan prinsip dasar pendidikan nitai, adalah cara klarifikasi
nilai.
Sulistyono, T. (2016). PENDlDlKAN NILAI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8744
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.