ELABORASI ASPEK AFEKTIF UNTUK KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR
Downloads
lama mengabdikan dirinya pada aspek kognitif. Sebaliknya_
"aspek afektif jarang disentuh dan dielaborasikan untuk
kepentingan proses itu. Akibatnya, banyak" pesert.adidik yang
tabu banyak informasi dan pengetahuan tertentu, tetapi
mereka tidak tidak bisa berperilaku dan stau berunjukkerja
seperti apa yang seharusnya mereka ketahui. Bahkan tidak
itll saja akibatnya. 'ridak jarang kita jumpai peserta didik
yang memiliki etos belajar yang begitu rendah. seb~gai
akibat belum teraplikasikannya siste-m nilai (valu~s system)
yang mereka mikili secara optimal dalam proses belajarmengajar.
Untuk menjawab tantangan tersebut pendidi'k
perlu menggarap aspek afektif dalam kegiatan- belajarmengajar.
Banyak cara untuk dapat melakukan nal tersebut.
Dalam tulisan ini elaborasi aspek afekti£ dilakukan .dengan
pendekatan values clarification (klari!ikasi .nilaOyang bersumber
pada ajaran agama, pendekatan· psikologis, dan juga
menggunakan pendekatan .feedback system (sistem. umpan
balik).
Suyanto, S. (2016). ELABORASI ASPEK AFEKTIF UNTUK KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8743
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.