ELABORASI ASPEK AFEKTIF UNTUK KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR

Suyanto Suyanto,

Abstract


Proses belajar-mengajar di kelas secara formal .telah
lama mengabdikan dirinya pada aspek kognitif. Sebaliknya_
"aspek afektif jarang disentuh dan dielaborasikan untuk
kepentingan proses itu. Akibatnya, banyak" pesert.adidik yang
tabu banyak informasi dan pengetahuan tertentu, tetapi
mereka tidak tidak bisa berperilaku dan stau berunjukkerja
seperti apa yang seharusnya mereka ketahui. Bahkan tidak
itll saja akibatnya. 'ridak jarang kita jumpai peserta didik
yang memiliki etos belajar yang begitu rendah. seb~gai
akibat belum teraplikasikannya siste-m nilai (valu~s system)
yang mereka mikili secara optimal dalam proses belajarmengajar.
Untuk menjawab tantangan tersebut pendidi'k
perlu menggarap aspek afektif dalam kegiatan- belajarmengajar.
Banyak cara untuk dapat melakukan nal tersebut.
Dalam tulisan ini elaborasi aspek afekti£ dilakukan .dengan
pendekatan values clarification (klari!ikasi .nilaOyang bersumber
pada ajaran agama, pendekatan· psikologis, dan juga
menggunakan pendekatan .feedback system (sistem. umpan
balik).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter