FAKTOR-FAKTOR SOSIOLlNGUISTIK DALAM PENGAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA

Sutrisna Wibawa,

Abstract


Tujuan pengajaran bahasa Jawa agarsiswa dapat berbahasa Jawa &esuai
dengan tata krama, secara lisan atau tulisan, melalui b~rbagai ,rungsi bahasa.
Untuk mencapai tujuan itu, maka siswa diberikan pelajaran ragam bahasa.
.Ragam babasa yang berkaitan dengan. tata krama disebut unggah-ungguh
berbahasa~ .
Penggunaan unggah-ungguh babasa Jawa .terikat oleh faktor-faJ:ttor 50510linguistik,
.yaitu pemeran serta. audien. tujua.h, tempat dan waktu, .konteks
kebudayaan dan psikologis, jalur, dan peristiwa berbahasa. Dalam .pengajaranoya,
faktor-faktor in1 kurang mendapat perhatian. Padahal, faktor-faktor .itu
ikut menentukan dalam kegiatan berbahasa. OIeh karena itu, faktor-faktor
sosiolinguistik seharusnya mendapat perhatian dalampengajaran unggah-ungguh
bahasa Jawa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter