FAKTOR-FAKTOR SOSIOLlNGUISTIK DALAM PENGAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8706Abstract
Tujuan pengajaran bahasa Jawa agarsiswa dapat berbahasa Jawa &esuaidengan tata krama, secara lisan atau tulisan, melalui b~rbagai ,rungsi bahasa.
Untuk mencapai tujuan itu, maka siswa diberikan pelajaran ragam bahasa.
.Ragam babasa yang berkaitan dengan. tata krama disebut unggah-ungguh
berbahasa~ .
Penggunaan unggah-ungguh babasa Jawa .terikat oleh faktor-faJ:ttor 50510linguistik,
.yaitu pemeran serta. audien. tujua.h, tempat dan waktu, .konteks
kebudayaan dan psikologis, jalur, dan peristiwa berbahasa. Dalam .pengajaranoya,
faktor-faktor in1 kurang mendapat perhatian. Padahal, faktor-faktor .itu
ikut menentukan dalam kegiatan berbahasa. OIeh karena itu, faktor-faktor
sosiolinguistik seharusnya mendapat perhatian dalampengajaran unggah-ungguh
bahasa Jawa.
Downloads
Published
2016-04-25
How to Cite
Wibawa, S. (2016). FAKTOR-FAKTOR SOSIOLlNGUISTIK DALAM PENGAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8706
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.