KONTEKSDALAMPEMBELAJARANBAHASAINDONESIA MENUJUMASYARAKATGLOBAL*)

Authors

Downloads

budaya,minidrama,konotasikultural,studiartifak,dan penggunaanungkapansertaceritahumor. secaraluas,(2)situasipembelajaranyangkontekstual,dan sehinggameningkatkanpemahamanialah:(1) pengetahuankebahasaan,(2)pengetahuantentangkonsep- PembelajaranbahasaperiudisesuaikandenganIatar belakangpembelajar,sehinggadapatdikembangkan Katakunci:pembelajaranbahasa,peranankonteks, pembelajaranterpadu,perspektifglobal. penggunaanpenuturasli,rekamanaudiodanvideo, penggunaanbacaandanrealia,.kapsulbudaya,asimilator diidentifikasiolehNostrandapatdimanfaatkanolehguru. Teknikpembelajarannyadapatberbentukceramah, intemasional.Tujuanpembelajaranbudayayangtelah dirumuskanolehSeelyedantema-temabudayayangtelah pemahamanantarbudayadalamprogrampembelajaran bahasasangatlahjelas,baiksecaranasionalmaupunsecara pembelajaranbahasa.Padadewasainikebutuhanakan tanggungjawabyangbesarpadapengembangan (3)hubunganantarketerampilanberbahasayangmaksimal. Pengembanganperspektifglobaldapatdilakukanlewat yanglain(contentbasedinstruction).Tigaprinsipuntuk mencapaiketerpaduanyaitu:(1)keefektifankomunikasi yangbermaknadanmelibatkanpenggunaanbahasadalam tataranwacana,seharusnyadipadukandenganbidangstudi konsep,dan(3)pengetahuantentangstrukturwacana. Supayapembalajaranbahasaterjadidalamkonteks Dalamprosespemahaman,tigamacampengetahuanyang potensialuntukmenggerakkanstrukturkognitifpembelajar apabilapembelajarannyabermakna,yaitumemiliki hubunganyangjelasdenganpengetahuanpembelajar. bentukkeyangterfokuspadamakna.' Belajarbahasadapatefektifdanhasilnyatahanlama, prakomunikatifdankomunikatif,dariprosesberbahasa yangterkontrolkeyangotomatis,dariyangterfokuspada gramdenganpendekatananalitikdaneksperiensial. Praktikpenggunaanbahasaberwujudkegiatan kecakapanberbahasasecarakontekstual.Pengembangan kecakapanberbahasahendaknyaberbentukprogram-pro-