PEMAHAMAN HASIL PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DARI PERSPEKTIF TEORI BERMAIN DALAM PENDIDIKAN PRASEKOLAH

Mardiati Busono,

Abstract


belajar jangan dikotak-kotakkan, 4) motivasi intrinsik, 5) disiplin diri, .6) masa kepekaan khusus, 7) awal pendidikan sekarang: 1) masa anak-anak merupakan identitas tersendiri, 2) anak hams dipandang secara holistik, 3) prasekolah (Froebel, Montessori, Steiner) terdiri atas 10 hal, yang masih pula dianut oleh para pakar sampai tua anak dan para guru TK (kindergarten). Kata kunci : Bermain; Pendidikan Prasekolah. Apa yang dipaparkan di atas· dapat .dipergunakan sebagai sarana untuk memberikan bimbingan kepada orang 10 prinsip seperti yang tertera di atas dan hanya fokus permainan yang berbeda .. Penelitian Suharsimi Arikunto tentang pennainan anak di Jawa, bila dikaji dengan teliti, maka mengandung pula Ahli-ahli yang menyoroti soal bermain antara lain adalah: Froebel, Motessori, Steiner, Piaget dan Vigotsky. din, apa yang dapat dilakukan anak, inner life, dan interaksi dengan lingkungan (orang, barang, tempat, dan peristiwa). lingkungan. Bermain terkandung dalam 10 prinsip tersebut, antara lain mengenai motivasi intrinsik, disiplin pada apa yang dapat anak lakukan, 8)-anak memiliki inner life, 9) interaksi dengan orang, 10) interaksi dengan anak-anak sebagai karunia, 3) komitmen untuk mengembangkan anak. ' Prinsip-prinsip pendidikan pengetahuan dan daya cipta. Untuk mendidik anak hams dilandasi dengan: 1) kecintaan terhadap anak, 2) pengertian Pendidikan prasekolah (PP No. 27 Th. 1990) bertujuan meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, Abstrak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter