PENGARUH METODE LATIHAN IMAGERY DAN KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN FLOATING SERVICE ATLET BOLA VOLI DIY
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode latihan imagery internal dan imagery external terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra Yogyakarta, (2) perbedaan pengaruh konsentrasi tinggi dan rendah terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra Yogyakarta, dan (3) interaksi kedua metode latihan dan konsentrasi terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah atlet klub bola voli yunior putra Yogyakarta yang berjumlah 40 atlet. Sampel penelitian ini 36 atlet yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen mengukur konsentrasi dengan menggunakan Grid Concentration Test, untuk ketepatan servis bola voli menggunakan AAHPER Service Accuraccy. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara metode latihan internal imagery dan external imagery terhadap hasil floating service bagi atlet klub bola voli yunior putra Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,041 < 0,05, metode latihan internal imagery lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan external imagery, (2) Ada perbedaan hasil floating service antara atlet yang memiliki konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah bagi atlet klub bola voli yunior putra Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0.05, atlet dengan konsentrasi tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan konsentrasi rendah terhadap hasil floating service, dan (3) Ada interaksi antara metode latihan (internal imagery dan external imagery) dan konsentrasi (rendah dan tinggi) terhadap hasil floating service bagi atlet klub bola voli yunior putra Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,041 < 0,05.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.